Guru inspiratif yang membumi; Sebuah obituari

Hidayatullah, Achmad Diny ORCID: https://orcid.org/0000-0002-1370-6569 (2023) Guru inspiratif yang membumi; Sebuah obituari. In: Guru Mukhlis Pengayom Umat, Khidmah dan Keteladanan KH. Chamzawi Syaechon. Qissaty, Ikafahuma, dan PCNU Kota Malang, Malang, pp. 143-149. ISBN 6214853638102 Author : Hidayatullah, Achmad Diny.

[img] Text
16426.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Dalam pikiran pertama saya, ketika disebut nama Almarhum Almaghfurlah KH. Chamzawi adalah sosok guru yang alim, tawadlu, sabar, ikhlas, entengan, penyabar, pengayom, dan memiliki istiqomah luar biasa. Teladan dari salah satu kyai sepuh di Malang -secara Beliau menjadi Rais Syuriah PCNU Kota Malang selama empat periode- ya memang hal-hal baik tentang iman, ilmu, dan akhlaq.
Penulis mengenal Beliau cukup lama, sekitar mulai tahun 2004. Semenjak kuliah di Jurusan Bahasa dan Sastra Arab UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. Beliau adalah dosen yang sangat ahli di bidang Nahwu. Beliau juga menjadi pimpinan di Fakultas, yaitu sebagai Wakil Dekan Bidang Akademik lalu menjadi Dekan.
Penulis merasakan bahwa Beliau adalah guru yang sabar, sangat sabar bahkan. Beliau tawadlu. Hormat kepada siapapun. Tidak pernah merasa sebagai pejabat harus gimana-gimana. Sehingga berinteraksi dengan Beliau merasa nyaman dan tenang.
Ada banyak momen indah nan istimewa saat-saat berinteraksi dengan Beliau. Tidak terhitung beracara Bersama, baik di kampus, di Masyarakat, maupun di Nahdlatul Ulama. Dari awal sampai menjelang Beliau mangkat, hamper-hampir tidak ada yang berubah sama sekali atas sikap, tingkah laku, dan akhlak Beliau. Sungguh istimewa.

Item Type: Book Section
Keywords: KH. Chamzawi; guru inspiratif; membumi; pengayom umat; khidmah; keteladanan
Subjects: 16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1604 Human Geography > 160499 Human Geography not elsewhere classified
21 HISTORY AND ARCHAEOLOGY > 2102 Curatorial and Related Studies
Divisions: Faculty of Humanities > Department of Arabic Language and Letters
Depositing User: Achmad Diny Hidayatullah
Date Deposited: 15 Nov 2023 15:34

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item