Analisis filogenetik newly recorded kodok jam pasir (Leptophryne borbonica, Bufonidae) populasi Malang Raya berdasarkan karakter molekular untuk mendeteksi cryptic species

Hanifa, Berry Fakhry ORCID: https://orcid.org/0000-0003-1847-6261 (2021) Analisis filogenetik newly recorded kodok jam pasir (Leptophryne borbonica, Bufonidae) populasi Malang Raya berdasarkan karakter molekular untuk mendeteksi cryptic species. Research Report. UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, Malang. (Submitted)

[img] Text
16430.pdf

Download (585kB)

Abstract

Malang memiliki potensi keanekaragaman amfibi yang tinggi dengan menyediakan berbagai macam habitat alami dan iklim yang sangat menunjang kehidupan berbagai jenis amfibi. Malang tergolong area yang belum banyak di ekspos dari segi diversitas hayati, khususnya amfibi. selain itu, berdasarkan sejarah geografi, wilayah Jawa Timur merupakan daerah yang awal mulanya terpisah dari pulau jawa yang kemudian bergabung lebih akhir, sehingga menyimpan potensi kekayaan jenis yang berbeda dari hewan yang tersebar di jawa pada umumnya (spesies kriptik). Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis karakter morfometris, vokalisasi dan molekular dari Leptophryne sp. populasi area Malang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menghitung rasio ukuran tubuh katak dengan berbagai rumus dari literatur, menganaisis karakter suara kata dan isolasi DNA 16 SRNA untuk kemudian diperbandingkan antara dua popuasi target maupun dengan yang ada di literatur. hasil dari penelitian ini adalah terdapat perbedaan tidak signifikan berdasarkan karakter morfometris dan suara antara populasi di Malang. Terbentuk kelompok kecil berdasarkan analisis molekularsetelah dibandingkan dengan L.borbonica dari Jawa Barat dan Luar Jawa.

Item Type: Research (Research Report)
Keywords: Leptophryne; spesies kriptik; Malang
Subjects: 06 BIOLOGICAL SCIENCES > 0602 Ecology
06 BIOLOGICAL SCIENCES > 0603 Evolutionary Biology
06 BIOLOGICAL SCIENCES > 0608 Zoology
Divisions: Faculty of Mathematics and Sciences > Department of Biology
Depositing User: Berry Fakhry Hanifa
Date Deposited: 15 Nov 2023 15:48

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item