Pengembangan sanggar seni Bina Madrasah PGMI melalui inovasi Tari Bedhaya Ummi di UIN Maulana Malik Ibrahim Malang (sertifikat hak cipta)

Ikha Sulis Setyaningrum (2022) Pengembangan sanggar seni Bina Madrasah PGMI melalui inovasi Tari Bedhaya Ummi di UIN Maulana Malik Ibrahim Malang (sertifikat hak cipta). 000333566.

[img]
Preview
Text
16463.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Karya tari ini hasil inovasi dari Bedhaya yang sudah ada dikembangkan dan dikemas kembali dengan memberikan sentuhan religi. Pembuatan karya tari bekerjasama dengan mahasiswa SSBM PGMI untuk membawakan hasil karya tari. Tari Bedhaya UMMI menceritakan kehidupan seorang muslim yang mempunyai kewajiban dalam menjalankan syariat islam, salah satunya adalah sholat. Tari Bedhaya UMMI digunakan sebagai tari pembuka yang ditarikan oleh gadis muslimah UIN Malang yang berjumlah lima atau ganjil. Jumlah lima penari diambil dari dari rukun islam yang yang jumlah lima: syahadat, sholat, puasa, zakat, puasa, dan haji. Property tari Bedhaya UMMI menggunakan tasbih, yang biasa dipakai oleh hamba Allah digunkan untuk berdzikir mendekatkan diri kepada Allah dan menjauhkan godaan hawa nafsu yang kurang baik. Hasil karya tari Bedhaya UMMI berdurasi 7.39 menit, yang ditarikan oleh mahasiswa PGMI angkatan 2020, 2018, dan 2017, dengan menggunakan kostum Asli Bedhaya kemudian dikemas secara tertutup.

Item Type: Hak Cipta
Keywords: pengembangan; inovasi; seni tari
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
19 STUDIES IN CREATIVE ARTS AND WRITING > 1904 Performing Arts and Creative Writing > 190403 Dance
Divisions: Faculty of Tarbiyah and Teaching Training > Department of Teacher Education for Islamic Primary Schools
Depositing User: Ikha Sulis Setyaningrum
Date Deposited: 16 Nov 2023 10:31

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item