Model pengembangan kurikulum kelas internasional: Best practice pengalaman Universitas Gadjah MAda Yogyakarta Indonesia Dan Malaya University Malaysia (sertifikat hak cipta)

Wahidmurni, Like Raskova Octaberlina dkk (2023) Model pengembangan kurikulum kelas internasional: Best practice pengalaman Universitas Gadjah MAda Yogyakarta Indonesia Dan Malaya University Malaysia (sertifikat hak cipta). 000544774.

[img] Text
16472.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Internasionalisasi universitas merupakan keniscayaan bagi perguruan tinggi untuk dapat berperan lebih dalam mengembangkan kualitas sumberdaya manusia di era global, dan penyelanggaran program kelas internasional merupakan salah satu cara untuk mewujudkannya. Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi konsep desain kurikulum, implementasi dan tinjauan kurikulum kelas internasional dilaksanakan. Pendekatan kualitatif dengan rancangan studi kasus diterapkan dengan mengambil kasus praktik terbaik dari satu perguruan tinggi di Indonesia dan Malaysia yang masuk dalam QS World University Rankings di bawah peringkat 300 dunia pada tahun 2022. Data dikumpulkan menggunakan teknik dokumentasi dengan menjelajahi website Universitas, dan wawancara dengan informan yang terlibat dalam kegiatan seperti: mahasiswa, dosen dan tenaga pendukung akademik. Selanjutnya data dianalisis dengan menggunakan pola model interaktif Miles, Huberman, dan Saldana meliputi data condensation, data display, dan conclusions drawing. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) desain kurikulum kelas internasional dikembangkan dari kurikulum nasional dengan menambahkan pengenalan budaya dan Bahasa perguruan tinggi tujuan studi, serta dikembangkan kegiatan yang memberikan pengalaman internasional mahasiswa melalui kegiatan inbound dan outbound, (2) implementasi kurikulum kelas internasional adalah dengan membetuk kelas khusus untuk kasus di Indonesia, dan memasukkan mahasiswa asing ke dalam kelas reguler untuk kasus perguruan tinggi di Malaysia, ini berkaitan dengan penggunaan Bahasa Inggris sebagai pengantar kuliah dan kegiatan akademik lainnya, dan (3) tinjauan kurikulum dilakukan oleh program studi secara periodik dengan melibatkan stakeholder dengan tetap berkoordinasi dengan pihak fakultas dan universitas.

Item Type: Hak Cipta
Keywords: internasionalisasi universitas; kelas internasional; kurikulum kelas internasional
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Faculty of Tarbiyah and Teaching Training > Department of Social Science Education
Depositing User: Harir Mubarok
Date Deposited: 16 Nov 2023 10:40

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item