Analisis faktor penentu perilaku tax non- compliance pada UMKM dengan religiusitas sebagai pemoderasi

Prajawati, Maretha Ika ORCID: https://orcid.org/0000-0002-3084-4031 and Aisyah, Esy Nur ORCID: https://orcid.org/0000-0001-9448-4277 (2023) Analisis faktor penentu perilaku tax non- compliance pada UMKM dengan religiusitas sebagai pemoderasi. Research Report. UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, Malang. (Unpublished)

[img] Text
16494.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini akan menyelidiki faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku ketidakpatuhan pajak penghasilan dengan memasukkan religiusitas sebagai moderator dalam model ketidakpatuhan pajak dengan berkonsentrasi pada sektor UMKM karena sektor merupakan segmen yang dominan dari perekonomian suatu negara. Hasil penelitian menunjukkan ada hubungan negatif antara religiusitas (religiosity) dengan perilaku ketidakpatuhan pajak (non tax compliance) UMKM, Geopolitik (geopolitics) wajib pajak berpengaruh signifikan terhadap perilaku ketidakpatuhan (non tax compliance) pajak UMKM, Religiusitas (religiosity) memoderasi hubungan antara geopolitik dan perilaku ketidakpatuhan pajak (non tax compliance) UMKM. Ada hubungan negatif antara kualitas pelayanan pajak (tax service quality) dengan perilaku ketidakpatuhan pajak (non tax compliance) UMKM. Religiusitas memoderasi hubungan antara kualitas pelayanan pajak (tax service quality) dan perilaku ketidakpatuhan pajak (non tax compliance) UMKM. Ada hubungan negatif antara kualitas tata kelola publik (public governance public) dan perilaku ketidakpatuhan pajak (non tax compliance) UMKM. Religiusitas memoderasi hubungan kualitas tata kelola publik (public governance quality) dan perilaku ketidakpatuhan pajak (non tax compliance) di kalangan UMKM. Ada hubungan positif antara struktur sistem perpajakan (tax system rate) dan perilaku ketidakpatuhan pajak (non tax compliance) UMKM. Religiusitas (religiosity) memoderasi hubungan antara struktur sistem perpajakan (Tax system rate) dan perilaku ketidakpatuhan pajak (non tax compliance) UMKM. Ada hubungan negatif antara penalti (penalty) dan perilaku ketidakpatuhan pajak (non tax compliance) UMKM. Religiusitas (religiosity) memoderasi hubungan antara penalti (penalty) dan perilaku ketidakpatuhan pajak (non tax compliance) UMKM.

Item Type: Research (Research Report)
Keywords: geopolitik; kualitas pelayanan pajak; kualitas tata kelola publik; struktur sistem perpajakan; penalti; religiusitas; ketidakpatutan pajak
Subjects: 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140207 Financial Economics
Divisions: Faculty of Economics > Department of Management
Depositing User: Maretha Ika Prajawati
Date Deposited: 16 Nov 2023 12:01

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item