Kiai Muzakki, teladan keseimbangan hidup

Hidayatullah, Achmad Diny ORCID: https://orcid.org/0000-0002-1370-6569 (2023) Kiai Muzakki, teladan keseimbangan hidup. In: Guru Yang Humanis dan Humoris, Kisah Keteladanan Dr. KH. Akhmad Muzakki, MA. Qissaty dan Ikafahuma, Malang, pp. 89-95. ISBN 621481810454 UNSPECIFIED : UNSPECIFIED.

[img] Text
16509.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Selamat jalan KH. Akhmad Muzakki, MA. Selamat berjumpa dengan sang guru Almarhum KH. Achmad Masduqi Machfudz. Kepergianmu adalah kembali kepada keabadian. Bertemu dengan kehidupan yang didambakan oleh orang yang beriman. Kematian hakikatnya adalah menuju taman dari pertamanan surga.
Penulis merasa kehilangan. Iya kehilangan. Walaupun mungkin tidak terlalu diakui sebagai murid, tapi izinkan penulis mengakui njenengan sebagai guru dan teladan kami. Mohon untuk diakui sebagai santri, murid, sekaligus teman ngobrol santai tentang hal-hal baik. Walaupun intensitas bertemunya tidak sangat sering, akan tetapi ketika bertemu banyak kesan yang terpatri dalam hati. Jejak peninggalan yang bermanfaat semoga tetap lestari sampai kapanpun terutama gagasan-gagasan pengembangan Ma’had yang berbasis di universitas serta cita-cita mendirikan pesantren dan menyatu dengan masyarakat.
Kabar duka itu datang terlambat. Setelah pagi hari Senin (3/4) penulis menyelesaikan tugas ta’lim di masjid dekat rumah, pulang langsung diberi informasi oleh istri bahwa Kiai Muzakki. Kembali kehadirat Allah swt. Innalillahi wainnailaihi rajiun. Jalan wafat yang indah di bulan suci, semoga Allah senantiasa mengampuni.
Kabar sedih atas wafatnya Kiai Muzakki datang tiba-tiba. Keluarga besar UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, Pondok Pesantren Nurul Huda Mergosono, Pondok Pesantren Sabilurrosyad Gasek, PCNU Kota Malang, dan PWNU Jawa Timur berduka. Begitu juga murid, mahasiswa, kolega, handai taulan, serta jamaah dari berbagai komunitas yang beragam bersedih atas kepergiannya. Tidak terkecuali penulis.

Item Type: Book Section
Keywords: KH. Muzakki; keteladanan; obituari; dosen BSA; PCNU Kota Malang; Ma'had Sunan Ampel Al Aly
Subjects: 16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1604 Human Geography
Divisions: Biro Administrasi Akademik, dan Kemahasiswaan
Depositing User: Achmad Diny Hidayatullah
Date Deposited: 16 Nov 2023 13:12

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item