Peta ruang 3D berbasis augmented reality untuk perpustakaan hijau

Bahtiar, Firma Sahrul ORCID: https://orcid.org/0000-0002-6812-198X, Hariyanto, Wahyu, Rifqi, Ach. Nizam and Putra, Dedy Dwi ORCID: https://orcid.org/0000-0001-8796-2533 (2023) Peta ruang 3D berbasis augmented reality untuk perpustakaan hijau. Research Report. UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, Malang. (Submitted)

[img] Text
16518.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Perpustakaan hijau menjadi topik menarik untuk menciptakan bangunan ramah lingkungan. Perpustakaan identik dengan layanan peminjaman buku dan ruang baca yang nyaman. Konsep perpustakaan hijau akan sejalan dengan peningkatan kenyamanan pengunjung perpustakaan. Perpustakaan dengan gedung yang besar tentunya membutuhkan peta ruangan untuk informasi ruangannya bagi pengunjung. Kemajuan teknologi menjadi peluang bagi perpustakaan untuk mengembangkan layanan lokasi ruang perpustakaan berbasis Augmented Reality (AR). Peta ruangan umumnya menggunakan gambar 2D yang memberikan informasi atau petunjuk untuk seluruh ruangan dalam suatu bangunan. Pendekatan Augmented Reality sebagai peta ruangan berbasis 3D tentunya akan memberikan pengalaman berbeda kepada pengunjung perpustakaan. Proses pembuatan peta ruangan AR akan menerapkan metode Multimedia Development Life Cycle (MDLC). Metode ini cocok diterapkan dalam pengembangan produk multimedia. Namun produk yang dihasilkan tidak hanya digunakan sebagai informasi peta ruangan saja, namun juga dapat digunakan sebagai alat promosi perpustakaan.

Item Type: Research (Research Report)
Keywords: augmented reality; perpustakaan hijau; peta ruang
Subjects: 08 INFORMATION AND COMPUTING SCIENCES > 0807 Library and Information Studies > 080799 Library and Information Studies not elsewhere classified
10 TECHNOLOGY > 1099 Other Technology > 109999 Technology not elsewhere classified
Divisions: Faculty of Technology > Department of Library and Information Science
Depositing User: Firma Sahrul Bahtiar
Date Deposited: 16 Nov 2023 15:05

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item