Membudayakan kehidupan santri pasca di pesantren

Hidayatullah, Achmad Diny ORCID: https://orcid.org/0000-0002-1370-6569 (2023) Membudayakan kehidupan santri pasca di pesantren. In: Militansi Santri dalam Menyongsong Indonesia Emas. UIN Maliki Press, Malang, pp. 305-312. ISBN 9786232328983 UNSPECIFIED : UNSPECIFIED.

[img] Text
16537.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Salah satu penciri Islam di Indonesia adalah adanya pesantren. Pesantren sangatlah khas dan identik dengan Islam Nusantara. Tidak banyak ditemukan selain di Indonesia, adanya model belajar yang fokus dan serius ala pesantren di luar negeri. Bahkan di negara-negara timur tengah yang notabenenya sumber pertama Islam diturunkan.
Tulisan lama Gus Dur yang menyatakan bahwa pesantren merupakan sebuah subkultur dalam masyarakat, masih relevan sampai detik ini. Masyarakat pesantren yang memiliki ciri khas yang unik, tidak bisa lepas dari karakter, kegiatan, lingkungan, metode, dan kurikulum yang secara otoritatif dimiliki masing-masing pesantren. Kiai sebagai tokoh sentralnya, seringkali memiliki dominasi dan pengaruh utama untuk menentukan arah dan warna pesantren.
Hal ini sangat relevan, karena masyarakat Indonesia sudah sangat lekat dengan budaya patron-klien dimana seorang tokoh masyarakat seringkali menjadi episentrum sebuah ‘peradaban’. Para tokoh yang hidup, tumbuh, berkembang, serta berkontribusi nyata pada masyarakat merupakan faktor kunci kerukunan maupun kedamaian sebuah lingkungan. Sehingga patron terhadap ketokohan seseorang seringkali menentukan banyak hal yang terkait dengan kehidupan sosial, politik, maupun keagamaan.

Item Type: Book Section
Keywords: santri; pesantren; budaya
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems
Divisions: Biro Administrasi Umum, Perencanaan, dan Keuangan
Depositing User: Achmad Diny Hidayatullah
Date Deposited: 16 Nov 2023 13:16

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item