Pengaruh pemberian informasi terhadap tingkat pengetahuan hipertensi pada calon jemaah haji kota Batu tahun 2023

Indrawan, Doby ORCID: https://orcid.org/0009-0008-4074-1942 and Anwari, Dhiaz Taupiq (2023) Pengaruh pemberian informasi terhadap tingkat pengetahuan hipertensi pada calon jemaah haji kota Batu tahun 2023. Research Report. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang, Malang. (Submitted)

[img] Text
16562.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang: Hipertensi merupakan salah satu penyakit dengan prevalensi tinggi pada jemaah haji Indonesia, yang merupakan faktor risiko penyakit jantung dan pembuluh darah sebagai penyebab kematian tertinggi pada jemaah haji. Hal ini berkaitan dengan tingkat pengetahuan calon jemaah haji terhadap penyakit hipertensi karena tingkat pengetahuan yang memengaruhi perilaku dan pola hidup sehat untuk mencegah hipertensi. Tujuan: mengetahui pengaruh pemberian informasi terhadap tingkat pengetahuan hipertensi pada calon jemaah haji Kota Batu tahun 2023. Metode: Desain penelitian menggunakan metode pretest-posttest one group pada 63 responden calon jemaah haji di Kota Batu dengan teknik consecutive sampling. Pengaruh pemberian informasi diperoleh dengan membandingkan nilai akhir pretest dan postest pada responden yang sebelumnya diberikan intervensi berupa pemberian informasi melalui penyuluhan dan pemberian leaflet. Hasil: Hasil analisis Mann Whitney menunjukan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan atas pemberian informasi terhadap tingkat pengetahuan calon jemaah haji (p-value = 0,003 < 0,005). Kesimpulan: Pemberian informasi merupakan faktor penting dalam peningkatan pengetahuan mengenai hipertensi pada calon jemaah haji Kota Batu tahun 2023.

Item Type: Research (Research Report)
Keywords: pemberian informasi tingkat pengetahuan; hipertensi; calon jamaah haji
Subjects: 11 MEDICAL AND HEALTH SCIENCES > 1117 Public Health and Health Services > 111708 Health and Community Services
Divisions: Faculty of Medical and Health Sciences > Department of Medical Education
Depositing User: Doby Indrawan
Date Deposited: 17 Nov 2023 09:00

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item