Sistem pengelolaan limbah bahan beracun berbahaya (B3) Fakultas Sains dan Teknologi

Abubakar M., Faridah, Azzuhri, M. Abu Hasan, Royanuddin, M., Al Ayubi, M. Chalid, Basyaruddin, Muhammad, Verdianto, Rahmad and Ismail, Mahrus ORCID: https://orcid.org/0000-0001-7606-3508 (2023) Sistem pengelolaan limbah bahan beracun berbahaya (B3) Fakultas Sains dan Teknologi. Fakultas Sains dan Teknologi UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, Malang. (Unpublished)

[img]
Preview
Text
16698.pdf

Download (432kB) | Preview

Abstract

Pada pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi di UIN Maulana Malik Ibrahim Malang khususnya di Fakultas sains dan Teknologi (F-saintek), salah satunya tentang Pendidikan dan Penelitian menghasilkan Limbah kimia yang berbahaya atau Limbah B3. Limbah ini dihasilkan dari aktivitas praktikum oleh mahasiswa dan penelitian mahasiswa dan dosen. Selama ini limbah yang dihasilkan dari aktivitas tersebut tidak boleh dibuang secara sembarangan ke lingkungan. Menumpuknya limbah ini akan membahayakan lingkungan, sehingga diperlukan pengolahan limbah yang baik. Selama ini Pengolahan limbah di Fakultas saintek belum pernah dilakukan karena terhalang sarana dan prasarana yg belum dipunyai. Limbah yang dihasilkan dikirim ke pihak/ Lembaga pengelola khusus limbah. Pengiriman ini membutuhkan biaya yang cukup mahal, mulai dari penyiapan dokumen sampai proses pengiriman limbah tersebut. Pada proses pengiriman limbah ini secara anggaran di support oleh Universitas melalui anggaran Fakultas Saintek. Melalui anggaran ini juga dilakukan Kerjasama dengan pihak lembaga pengelola limbah yang ada di Indonesia.Semoga kedepannya UIN Maulana Malik Ibrahim Malang akan mampu melaksanakan proses pengolahan limbah B3 ini.

Item Type: Other
Keywords: sistem pengelolaan limbah; bahan beracun berbahaya (B3)
Subjects: 03 CHEMICAL SCIENCES > 0399 Other Chemical Sciences > 039901 Environmental Chemistry (incl. Atmospheric Chemistry)
Divisions: Biro Administrasi Umum, Perencanaan, dan Keuangan
Depositing User: Mahrus Ismail
Date Deposited: 18 Nov 2023 12:17

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item