Pergeseran budaya literasi pesantren

Hasaniyah, Nur (2023) Pergeseran budaya literasi pesantren. In: Militansi santri dalam menyongsong Indonesia emas. UIN Maliki Press, Malang, pp. 235-244. ISBN 978-623-232-898-3 UNSPECIFIED : UNSPECIFIED.

[img] Text
16716.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Buku ini merupakan wujud sebagai sumbangsih pemikiran dan harapan kepada pesantren dalam menyikapi perubahan dan dinamika masyarakat yang berkembang cepat seiring dengan globalisasi dan kemajuan teknologi informasi yang dikenal dengan era industri 4.0 dan era society 5.0 yang mengubah setiap lini kehidupan masyarakat, mulai ekonomi. politiki teknologi, tradisi. budaya hingga cara beragama masyarakat.
Pesantren yang sejak zaman kolonial memiliki peran sentral dalam membentengi tradisi keagamaan, pusat ekonomi, pusat politik dan perjuangan, dan pusat kajian keislaman dan kebangsaan harus dipertahankan dan dikuatkan dengan melakukan pembenahan dan penyesuaian terhadap perkembangan sosial kemasyarakatan. Pesantren perlu memperkuat peran tersebut dengan melakukan inovasi dan pembaharuan dengan tanpa meninggalkan tradisi pesantren dan Islam dalam melakukan pengembangan masyarakat. Pesantren yang mengusung model pendidikan dan kajian keagamaan yang menekankan kepada moralitas, religiusitas dan keteladanan kepada para santrinya merupakan harapan bangsa dan negara untuk memecahkan berbagai persamasalahan

Item Type: Book Section
Keywords: pergeseran budaya literasi pesantren
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130101 Continuing and Community Education
13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130109 Pesantren (Islamic boarding school)
Divisions: Faculty of Humanities > Department of Arabic Language and Letters
Depositing User: Nur Hasaniyah
Date Deposited: 18 Nov 2023 14:19

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item