Peace education of the sarung-wearing community: NU kyai's efforts in managing interfaith diversity through alternative education at the Kasembon house of worship in Malang (sertifikat hak cipta)

Erna Herawati, Moch.Sony Fauzi dkk (2023) Peace education of the sarung-wearing community: NU kyai's efforts in managing interfaith diversity through alternative education at the Kasembon house of worship in Malang (sertifikat hak cipta). 000539909.

[img] Text
16722.pdf

Download (2MB)

Abstract

Artikel ini menganalisis peran kunci yang dimainkan oleh Nahdlatul Ulama (NU), sebuah organisasi Islam di Indonesia, dalam merangkul keberagaman agama dan budaya melalui pendidikan alternatif. Fokus kajian ini adalah pada upaya para kyai NU di Rumah Ibadah Kasembon, Malang, dalam membangun kerukunan antarumat beragama dan menciptakan lingkungan damai melalui pendidikan.Dengan mengadopsi pendekatan khusus, pendidikan damai ini tidak hanya memusatkan perhatian pada pembelajaran akademik, tetapi juga pada pembentukan karakter yang berakar pada nilai-nilai kemanusiaan, toleransi, dan penghargaan terhadap perbedaan agama.Artikel ini menggunakan pendekatan deskriptif-analitis untuk menggali strategi pendidikan damai yang diterapkan oleh kyai NU.Melalui wawancara, observasi, dan analisis dokumen, penelitian ini mengidentifikasi langkah-langkah konkret yang diambil oleh kyai untuk membentuk wawasan inklusif dan pemahaman yang lebih mendalam tentang nilai-nilai agama dan universalitas manusia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan alternatif yang dijalankan oleh kyai NU telah berhasil menciptakan ruang dialog antarumat beragama, mempromosikan pengertian, dan membangun kerjasama lintas iman.

Item Type: Hak Cipta
Keywords: pendidikan damai kaum bersarung
Subjects: 16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1608 Sociology > 160809 Sociology of Education
Divisions: Faculty of Mathematics and Sciences > Department of Mathematics
Depositing User: Unnamed user with email Ernaherawati@uin-malang.ac.id
Date Deposited: 20 Nov 2023 18:34

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item