Studi eksperimental penerapan balance accounting software (base) ver. 1.0.1 (beta) dalamlaporan keuangan berdasarkan SAK EMKM untuk usaha mikro kecil menengah dengan pendekatan ta’awun (sertifikat hak cipta)

Sri Andriani dan Fadlil Abdani (2022) Studi eksperimental penerapan balance accounting software (base) ver. 1.0.1 (beta) dalamlaporan keuangan berdasarkan SAK EMKM untuk usaha mikro kecil menengah dengan pendekatan ta’awun (sertifikat hak cipta). 000438556.

[img]
Preview
Text
16729.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Fokus utama dari makalah penelitian ini adalah pemanfaatan perangkat lunak komputer di bidang pelaporan keuangan, dengan penekanan khusus pada pemanfaatan “Balance Accounting Software (Base) ver. (beta) 1.0.1" dalam Usaha Kecil dan Menengah (UMKM) yang terletak di wilayah Malang. Studi sebelumnya sebagian besar mengandalkan metode pelaporan keuangan manual, sedangkan tujuan dari penelitian khusus ini adalah untuk membandingkan kemanjuran menggunakan aplikasi komputer untuk pelaporan keuangan. Selain itu, penelitian ini menggali pemeriksaan berbagai bentuk bantuan, seperti tutorial video dan studi kasus, serta pengaruh framing, yaitu positif dan negatif, pada kapasitas individu untuk menggunakan perangkat lunak akuntansi secara efektif. Penelitian ini meliputi UMKM yang secara resmi terdaftar di Dewan Koperasi dan UKM di Kota Malang, Kota Batu, dan Kabupaten Malang. Masalah mendasar yang diangkat berkaitan dengan eksplorasi efektivitas berbagai bentuk bantuan, termasuk tutorial video dan studi kasus, dalam meningkatkan kemampuan individu dalam menggunakan perangkat lunak akuntansi. Metode sebelumnya yang digunakan dalam studi sebelumnya yang berkaitan dengan pelaporan keuangan untuk usaha kecil dan menengah (UKM) tidak menggabungkan aplikasi komputer dan hanya mengandalkan metodologi manual. Temuan penelitian mengungkapkan bahwa pemanfaatan “Balance Accounting Software (Base) ver. Aplikasi komputer (beta) 1.0.1" untuk pelaporan keuangan di Usaha Kecil dan Menengah (UMKM) di wilayah Malang telah menunjukkan hasil yang menjanjikan dalam meningkatkan kompetensi individu dalam menggunakan perangkat lunak secara efekt

Item Type: Hak Cipta
Keywords: UMKM; balance accounting
Subjects: 08 INFORMATION AND COMPUTING SCIENCES > 0803 Computer Software > 080309 Software Engineering
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1501 Accounting, Auditing and Accountability > 150111 Accounting System (incl. Accounting Information System)
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1501 Accounting, Auditing and Accountability > 150116 Educational Accounting
Divisions: Faculty of Economics > Department of Accounting
Depositing User: sri andriani
Date Deposited: 18 Nov 2023 07:36

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item