Peningkatan kualitas layanan akademik ujian komprehensif Fakultas Syariah UIN Maulana Malik Ibrahim Malang

Mahmudi, Zaenul, Zubairi, Ahmad, Tohir, Ahmad, Muttahidah, Muttahidah, Nofandika, Fifi Framelia, Febriany, Mardiana Eka and Fahruddin, Ali (2023) Peningkatan kualitas layanan akademik ujian komprehensif Fakultas Syariah UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang, Malang. (Unpublished)

[img] Text
16763.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Mengingat tantangan perubahan merupakan keniscayaan yang amat nyata, Fakultas Syariah sebagai bagian dari lembaga strategis dalam layanan publik harus berbenah. Tingkat kesulitan dalam memandu dan melindungi hak-hak dan kepentingan pengguna (mahasiswa) terus meningkat, kompleksitas problematika pengguna terus bermunculan, sehingga mendorong sumberdaya istitusional ini harus cerdas (smart) dalam membaca kebutuhan pengguna.
Menghadapi tantangan perubahan dan perkembangan tersebut baik yang datang dari internal maupun eksternal, Fakultas Syariah harus mampu membangun inovasi dan semangat baru. Di antara yang dapat kita kembangkan salah satunya adalah Inovasi Pelayanan Akademik. Fakultas Syariah merupakan institusi yang memiliki otoritas dalam membangun pelayanan akademik berdasarkan hak-hak seluruh pengguna. Untuk melaksanakan tugas dan fungsi otoritanya Fakultas Syariah diserahi amanah membangun pelayanan akademik mudah, inovatif dan nyaman.
Pelaksanaan Tridharma Perguruan Tinggi tersebut dimaksudkan untuk meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM), khususnya mahasiswa yang kondisinya masih memprihatinkan. Tanggungjawab untuk meningkatkan Sumber Daya Manusia tidak hanya dimiliki oleh pemerintah, melainkan semua elemen masyarakat. Fakultas Syariah Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang, sebagai lembaga pemerintah memiliki tanggungjawab yang lebih besar di dalam meningkatkan Sumber Daya Manusia tersebut, khususnya mahasiswa yang belajar di institusi ini.
Fakultas Syariah melakukan berbagai upaya dalam rangka meningkatkan kualitas mahasiswanya, baik dari sisi metode, materi maupun fasilitas pembelajaran. Fakultas Syariah terus meningkatkan kualitasnya, dalam rangka menciptakan mahasiswa berkualitas yang dalam perspektif Universitas islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang adalah mahasiswa yang memiliki kedalaman spiritual, keagungan akhlak, kedalaman ilmu, dan kematangan professional yang dalam perspektif Fakultas Syariah adalah berkenaan dengan hukum Islam.
Salah satu alat untuk mengukur kualitas mahasiswa Fakultas Syariah adalah penyelenggaraan ujian komprehensif. Kegiatan ujian komprehensif diselenggarakan sebagai salah satu media untuk menilik penguasaan mahasiswa atas matakuliah-matakuliah yang telah ditempuh mahasiswa baik ilmu kesyariahan maupun hukum positif (konvensional).

Item Type: Other
Keywords: inovasi; layanan; akademik; ujian komprehensif
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1504 Commercial Services > 150499 Commercial Services not elsewhere classified
Divisions: Biro Administrasi Akademik, dan Kemahasiswaan
Depositing User: Achmad Tohir
Date Deposited: 18 Nov 2023 18:35

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item