Aplikasi deteksi tumor berbasis citra MRI menggunakan majority voting low parameter CNN (MV-lpCNN) (sertifikat hak cipta)

Irwan Budi Santoso, Supriyono, Muhammad Faisal, Okta Qomaruddin Aziz (2023) Aplikasi deteksi tumor berbasis citra MRI menggunakan majority voting low parameter CNN (MV-lpCNN) (sertifikat hak cipta). 000547084.

[img]
Preview
Text
16821.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Tumor otak adalah salah satu penyakit berbahaya yang diakibatkan oleh pertumbuhan sel-sel tidak normal pada otak dan di sekitarnya. Aplikasi untuk deteksi tumor yang dikembangakan dengan performa tinggi adalah salah satu solusi untuk membantu penegakan diagnosis. Pada aplikasi ini, telah usulkan low parameter model CNN dengan ukuran kernel 3x3 pada setiap proses layer konvolusi. Untuk meningkatkan akurasi dalam deteksi tumor dalam aplikasi yang dibuat, selain diusulkan model CNN tersebut juga diusulkan ensemble combination menggunakan majority voting. Majority Voting terhadap low parameter model CNN usulan diaplikasikan dengan ukuran input citra MRI yang berbeda yang kemudian disebut MV-lpCNN. Evaluasi terhadap Aplikasi tersebut dengan dataset pengujian, MV-lpCNN menghasilkan akurasi terbaik sebesar 99,85%. Dari hasil tersebut, aplikasi dengan metode yang diusulkan mempunyai potensi untuk membantu dokter dalam mendeteksi tumor.

Item Type: Hak Cipta
Keywords: CNN; dataset; majority voting; MV-lpCNN; tumor otak
Subjects: 08 INFORMATION AND COMPUTING SCIENCES > 0801 Artificial Intelligence and Image Processing > 080104 Computer Vision
08 INFORMATION AND COMPUTING SCIENCES > 0801 Artificial Intelligence and Image Processing
08 INFORMATION AND COMPUTING SCIENCES > 0803 Computer Software
Divisions: Faculty of Technology > Department of Informatics Engineering
Depositing User: Supriyono Supriyono
Date Deposited: 20 Nov 2023 10:03

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item