Karakteristik pembinaan moderasi beragama di satuan perguruan tinggI (Studi multikasus di UIN Maulana Malik Ibrahim Malang dan di UPI Bandung) (sertifikat hak cipta)

Muh. Hambali (2023) Karakteristik pembinaan moderasi beragama di satuan perguruan tinggI (Studi multikasus di UIN Maulana Malik Ibrahim Malang dan di UPI Bandung) (sertifikat hak cipta). 000547088.

[img]
Preview
Text
16840.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian tentang pluralitas agama dan pengelolaannya di Indonesia. Penilitian ini menekankan pentingnya menjaga keberagaman melalui ideologi yang disebut Pancasila, yang diajarkan di universitas-universitas untuk membentuk individu-individu yang sadar dan melestarikan peradaban manusia. Latar belakang historis pluralisme agama di Indonesia diakui, tetapi masalah kekerasan agama masih perlu dikelola secara efektif. Bab ini menunjukkan bahwa moderasi beragama dapat menjadi jembatan antara kepercayaan dan ritual yang berbeda dan dapat berkontribusi pada keharmonisan bangsa. Penting bagi setiap individu untuk memahami dan menghadapi perbedaan untuk menjaga persatuan. UIN Maulana Malik Ibrahim Malang dan UPI Bandung disorot sebagai universitas yang berkomitmen untuk mempromosikan moderasi beragama, dengan UIN mendirikan rumah moderasi beragama dan UPI berpartisipasi dalam kegiatan yang mendorong keharmonisan akademis dan menyebarkan moderasi. Kedua universitas tersebut mengakui keniscayaan era disrupsi dan sedang mempersiapkan diri untuk menghadapi tantangan-tantangannya.

Item Type: Hak Cipta
Keywords: agama; pluralitas; ritual; moderasi; disrupsi
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education
Divisions: Faculty of Tarbiyah and Teaching Training > Department of Islamic Education
Depositing User: Muh. Hambali
Date Deposited: 21 Nov 2023 05:18

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item