Pemanfaatan limbah bulu ayam dalam pembuatan komposit SnO2-GO/rGO sebagai elektroda pada Sel Surya Tersensitisasi Pewarna (DSSC)

Hastuti, Erna ORCID: https://orcid.org/0000-0002-2521-9258 and Hikmah, Utiya (2022) Pemanfaatan limbah bulu ayam dalam pembuatan komposit SnO2-GO/rGO sebagai elektroda pada Sel Surya Tersensitisasi Pewarna (DSSC). Research Report. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang, Malang. (Unpublished)

This is the latest version of this item.

[img] Text
16848.pdf

Download (223kB)

Abstract

Sel surya merupakan salah satu energi alternatif yang berpotensi untuk dikembangkan dalam mengatasi krisis energi. Dye Sensitized Solar Cell (DSSC) menarik untuk dikembangkan karena bahannya mudah didapat, murah dan ramah lingkungan. Pada penelitian ini telah dilakukan pembuatan elektroda DSSC dengan menggunakan bahan semikonduktor dari komposit SnO2-GO/rGO dengan variasi penambahan 1% dan 2%. Untuk mengoptimalkan pemanfaatan limbah, GO/rGO dibuat dari bulu ayam yang dieksfoliasi menggunakan aquades dan H2SO4. Hasil uji material komposit SnO2-GO/rGO menunjukkan penurunan ukuran kristal dan peningkatan mikrostrain dibandingkan material SnO2. Hal ini juga berpengaruh pada energi gap dan konduktivitas komposit, dimana didapatkan energi gap terkecil 3,3 eV dan konduktivitas terbesar 0,234 S/cm pada SnO2 dengan penambahan GO/rGO 1% dengan eksfoliasi menggunakan aquades (SG-A1). Uji performa DSSC dilakukan dengan melapiskan pasta komposit pada kaca FTO sebagai elektroda kerja, dengan elektroda pembanding karbon dan direndam dalam larutan dye N-719. Hasil uji menggunakan solar simulator menunjukkan efisiensi tertinggi sebesar 0,7 % pada sampel SG-A1.

Item Type: Research (Research Report)
Keywords: DSSC; komposit; bulu ayam; SnO2; GO/rGO
Subjects: 09 ENGINEERING > 0912 Materials Engineering > 091202 Composite and Hybrid Materials
Divisions: Faculty of Mathematics and Sciences > Department of Physics
Depositing User: Erna Erna Hastuti
Date Deposited: 20 Nov 2023 15:55

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item