Pelatihan resolusi konflik untuk menurunkan kecemasan dan meningkatkan kesejahteraan psikologis mahasiswa baru UIN Maulana Malik Ibrahim Malang (sertifikat hak cipta)

uji Astutik (2023) Pelatihan resolusi konflik untuk menurunkan kecemasan dan meningkatkan kesejahteraan psikologis mahasiswa baru UIN Maulana Malik Ibrahim Malang (sertifikat hak cipta). 000542597.

[img]
Preview
Text
16863.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Pada jenjang perguruan tinggi, mahasiswa baru merupakan kelompok yang riskan atau rentan untuk mengalami kecemasan dan permasalahan kesejahteraan psikologis. Salah satu factor yang menjadi penyebab situasi tersebut adalah ketidakmampuan dalam mengelola konflik yang dihadapu dalam keseharian. Penelitian ini bertujuan untuk menguji efektivitas pelatihan resolusi konflik dalam menurunkan kecemasan dan meningkatkan kesejahteraan psikologis mahasiswa baru UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. Penelitian ini menggunakan desain eksperimen semu yaitu repeted baik dalam perlakukan maupun dalam pengukuran dengan menggunakan kelompok ekperimen. Kelompok eksperimen terdiri dari 15 orang mahasiswa baru yang terdiri dari laki-laki dan perempuan. Pengumpulan data menggunakan kuesioner kecemasan dan kesejahteraan psikologis. Hasil analisis menunjukkan bahwa pelatihan resolusi konflik secara signifikan menurunkan kecemasan dan meningkatkan kesejahteraan psikologis mahasiswa baru UIN Maulana Malik Ibrahim Malang

Item Type: Hak Cipta
Keywords: pelatihan resolusi konflik; kecemasan; kesejahteraan psikologis; mahasiswa baru
Subjects: 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170106 Health, Clinical and Counselling Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology
Depositing User: Fuji Astutik
Date Deposited: 20 Nov 2023 18:50

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item