Peran etika kerja Islam dalam memprediksi intensi kecurangan praktisi akuntansi akademisi dan praktisi akuntansi nonakademisi di Indonesia (sertifikat hak cipta)

Novi Lailiyul Wafiroh (2023) Peran etika kerja Islam dalam memprediksi intensi kecurangan praktisi akuntansi akademisi dan praktisi akuntansi nonakademisi di Indonesia (sertifikat hak cipta). 000543091.

[img]
Preview
Text
16883.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview

Abstract

Theory of planned behavior (TPB) dapat digunakan untuk memprediksi perilaku individu dalam kondisi tertentu, termasuk memprediksi niat akuntan untuk melakukan tindakan kecurangan laporan keuangan. Terdapat tiga variabel utama dalam TPB yang dapat digunakan untuk menjelaskan intensi perilaku individu, yaitu attitude, subjective norm, dan perceived behavioral control. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah variabel dalam Theory Of Planned Behavior mampu meprediksi intensi kecurangan akuntan akademisi dan akuntan non-akademisi. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis data primer yang diperoleh dari kuesioner yang bersumber dari responden. Responden dalam penelitian ini adalah akuntan akademisi dan akuntan non-akademisi. Penentuan sampel penelitiannya menggunakan metode purposive sampling dengan kriteria tertentu. Analisa data dilakukan dengan menggunakan pendekatan partial Least Square (PLS). Hasil penelitian menunjukkan bahwa attitude dan subjective norm berpengaruh signifikan positif terhadap niat melakukan kecurangan laporan keuangan, sedangkan perceived behavioral control tidak berpengaruh signifikan terhadap niat melakukan kecurangan laporan keuangan pada akuntan akademisi dan akuntan non-akademisi.

Item Type: Hak Cipta
Keywords: teori perilaku terencana; sikap; norma subjektif; perceived behavioral control; Intensi kecurangan; Etika Kerja Islam
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1501 Accounting, Auditing and Accountability > 150105 Management Accounting
Divisions: Faculty of Economics > Department of Accounting
Depositing User: Novi Lailiyul Wafiroh
Date Deposited: 20 Nov 2023 15:38

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item