Pengembangan model pembelajaran lingkungan hidup bagi anak usia dini

Mukhlis, Akhmad, Santoso, Sandy Tegariyani Putri ORCID: https://orcid.org/0000-0002-0523-1727 and Elvira, Melly ORCID: https://orcid.org/0000-0001-6047-5348 (2023) Pengembangan model pembelajaran lingkungan hidup bagi anak usia dini. Research Report. Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, Malang. (Submitted)

[img] Text
16889.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (807kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengatasi isu lingkungan melalui pendidikan, khususnya untuk anak-anak, dengan merancang model pembelajaran lingkungan yang sesuai. Menggunakan model pengembangan Borg & Gall (1983), penelitian ini berfokus pada tahap validasi, dengan tujuan uji coba dan diseminasi pada penelitian berikutnya. Produk yang dikembangkan, hasil dari analisis awal, menunjukkan pembelajaran lingkungan hanya mencakup aspek kognitif tanpa memperhatikan keterampilan atau kebiasaan tambahan bagi anak-anak. Hasil validasi melalui Forum Diskusi Kelompok dengan Jakarta Bisa School dan Gaharu Nature School di Bandung menunjukkan bahwa pendidikan lingkungan dapat dimulai dengan pengembangan karakter pada anak-anak, diimplementasikan melalui Green Attitude dengan nilai-nilai seperti Hidup, Cinta, Tanggung Jawab, Alam Semesta, dan Keberlanjutan. Pembelajaran sebaiknya lebih melibatkan pengalaman langsung, memungkinkan anak-anak mengamati siklus hidup alam, merawat lingkungan, dan memahami keberlanjutan sumber daya alam. Sementara penelitian ini memiliki keterbatasan, memerlukan waktu yang lebih lama dan melibatkan berbagai pemangku kepentingan, implikasinya sangat signifikan. Potensi perubahan persepsi guru dan orang tua dalam mendidik anak-anak kecil menuju pemahaman yang kuat tentang pentingnya mencintai dan merawat alam semesta serta tanggung jawab terhadap kehidupan di dalamnya. Dengan demikian, penelitian ini memberikan kontribusi pada bidang pendidikan dengan mendorong tujuan Pendidikan untuk Pembangunan Berkelanjutan (ESD) untuk masa depan yang lebih baik melalui pembelajaran yang relevan dan holistik.

Item Type: Research (Research Report)
Keywords: pembelajaran; lingkungan; pendidikan berkelanjutan
Subjects: 05 ENVIRONMENTAL SCIENCES > 0502 Environmental Science and management > 050203 Environmental Education and Extension
13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130102 Early Childhood Education
Divisions: Faculty of Tarbiyah and Teaching Training > Department of Islamic Early Childhood Education
Depositing User: Melly Elvira
Date Deposited: 21 Nov 2023 08:53

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item