Percepatan proses penyampaian data dan informasi penyelenggaraan perguruan tinggi melalui PDDIKTI menggunakan aplikasi webservice importer

Hidayat, Badrus (2023) Percepatan proses penyampaian data dan informasi penyelenggaraan perguruan tinggi melalui PDDIKTI menggunakan aplikasi webservice importer. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang, Malang. (Unpublished)

[img] Text
16891_.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Pangkalan Data Pendidikan Tinggi (PDDikti) merupakan kumpulan data penyelenggaraan pendidikan tinggi di seluruh perguruan tinggi yang terintegrasi secara nasional. Gagasan mengenai PDDIKTI diawali pada Akhir tahun 2006. Kumpulan data tersebut dikembangkan dan dikelola oleh Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi. Kumpulan data dan informasi tersebut diberi nama PDDikti. Fungsi dari PDDikti adalah agar terselenggaranya pendidikan tinggi yang bermutu dan menyediakan data dan informasi mengenai perguruan tinggi yang terdapat di Indonesia. PDDIKTI menyediakan data dan informasi berupa pelaksanaan Tridharma Perguruan Tinggi dan Pelaksanaan organisasi, keuangan, kemahasiswaan, ketenagaan, sarana dan prasarana yang perlu dipersiapkan perguruan tinggi, dan memastikan kebenaran serta ketepatan informasi.
Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang sudah penyampaian dan informasi penyelenggaraan perguruan tinggi data mahasiswa ke PDDIKTI Dikti, tetapi hal tersebut dinilai kurang maksimal dikarenakan dilakukan secara langsung di Feeder PDDIKTI yang ada masih belum efektif dan efisien dalam pengiriman data. Masih banyak penggunaan data yang tidak efektif, sehingga menghambat dalam pengiriman data ke PDDIKTI Dikti. Sebagai contoh untuk beberapa atribut tabel di database mahasiswa dan dikti memiliki format yang berbeda, maka diharuskan Sebelum data tersebut dikirimkan harus sudah terlebih dahulu dikonversi ke dalam format yang ditentukan oleh Dikti.
Dengan penggunakan web service importer diharapkan proses sinkronisasi data dapat berjalan dengan cepat dan efisien dikarenakan format yang ditentukan oleh dikti otomatis dikonversi melalui web service.
Layanan pengembangan inovasi layanan percepatan Percepatan proses penyampaian data dan informasi penyelenggaraan perguruan tinggi melalui PDDikti menggunakan Aplikasi webservice Importer merupakan sebuah bentuk inovasi serta adaptasi UIN Maulana Malik Ibrahim Malang terhadap tuntasnya penyampaian data dan informasi penyelenggaraan perguruan tinggi melalui PDDikti. Tuntasnya pelaporan PDDikti (100%) tiap semester menjadi tuntutan setiap Perguruan Tinggi oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Ristet dan Teknologi (Kemdikbud Ristek Dikti). Langkah inovatif ini bertujuan agar penyampaian data dan informasi penyelenggaraan perguruan tinggi melalui PDDikti lebih cepat, efektif dan efisien. Aplikasi webservice Importer dapat diaksesk dimanapun dan kapanpun oleh Stakeholder (Operator PDDikti Prodi). Adanya akses yang mudah tersebut diharapkan mempercepat proses penyampaian data dan informasi penyelenggaraan perguruan tinggi melalui PDDikti.

Item Type: Other
Keywords: PDDIKTI; Webservice importer; data dan informasi
Subjects: 10 TECHNOLOGY > 1006 Computer Hardware > 100602 Input, Output and Data Devices
Divisions: Biro Administrasi Akademik, dan Kemahasiswaan
Depositing User: Badrus Hidayat
Date Deposited: 20 Nov 2023 18:09

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item