Visi keilmuan dan peta penelitiannya bagi Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Arab Pascasarjana UIN Maulana Malik Ibrahim Malang

Taufiqurrochman, R ORCID: https://orcid.org/0000-0003-1001-4353, Amrullah, Hasyim, Prasetiyo, Agung, Fauzi, Firman Nurul and Qozziyatul M., Salwa (2023) Visi keilmuan dan peta penelitiannya bagi Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Arab Pascasarjana UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. Research Report. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang, Malang. (Submitted)

[img] Text
16917.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini mendalami visi keilmuan dan prosedur penyusunannya pada Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Arab (MPBA) di Pascasarjana UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. Latar belakang penelitian ini adalah pentingnya merinci langkah-langkah penyusunan visi keilmuan sebagai bagian dari perencanaan strategis program studi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengungkapkan bagaimana MPBA UIN Malang menyusun visi keilmuannya serta menganalisis prosedur penyusunannya. Metode penelitian yang digunakan adalah analisis dokumen dan wawancara terstruktur dengan pihak terkait dengan analisis tematik dan holistik. Temuan penelitian menunjukkan bahwa proses penyusunan visi keilmuan melibatkan mekanisme yang terstruktur, mulai dari integrasi visi institusi hingga pengembangan riset dan publikasi. Kesimpulan dari penelitian ini adalah visi keilmuan MPBA UIN Malang telah dirancang dengan jelas, mencerminkan komitmen untuk menjadi Program Studi Unggul dalam riset dan pengembangan pendidikan bahasa Arab. Saran disampaikan untuk memperkuat kemitraan dengan alumni dan pengembangan riset, sementara rekomendasi melibatkan seluruh stakeholder untuk mendukung dan mengimplementasikan visi keilmuan ini guna mencapai dampak positif pada dunia pendidikan bahasa Arab.

Item Type: Research (Research Report)
Keywords: visi keilmuan; body of knowledge; UIN Malang; Pendidikan Bahasa Arab
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130101 Continuing and Community Education
13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130199 Education systems not elsewhere classified
Divisions: Faculty of Tarbiyah and Teaching Training > Department of Arabic Language Education
Depositing User: Taufiqurrochman R.
Date Deposited: 21 Nov 2023 04:29

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item