Perlindungan hukum terhadap anak yang ditinggal orang tuanya karena vonis pengadilan sebagai pelaku tindak pidana

Zuhriah, Erfaniah and Fuadi, Suud (2023) Perlindungan hukum terhadap anak yang ditinggal orang tuanya karena vonis pengadilan sebagai pelaku tindak pidana. Research Report. UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, Malang.

[img] Text
16933.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (940kB)

Abstract

Berangkat dari bab hasil dan pembahasan yang sudah dijelaskan di atas, kesimpulan yang dapat dalam penelitian ini:
1. Anak yang ditingal orang tuanya akibat vonis pengadilan sebagai pelaku tindak
pidana harus tetap mendapat perlindungan hukum karena ia akan berpotensi menjadi anak terlantar. Pemerintah dan pemerintah daerah wajib memberikan perlindungan terhadap anak karena dia adalah generasi peneus perjuangan bangsa di masa yang akan datang.
2. Bentuk perlindungan terhadap anak yang ditingal orang tuanya akibat vonis pengadilan sebagai pelaku tindak pidana, Secara Preventif: dapat dijadikan alasan mendapat perlakuan khusus bagi aparat penegak hukum (polisi: penyidikan, jaksa: penuntutan, hakim: vonis dan petugas LP: menjalani pidana) pada saat orang tua tersebut menjalani proses atau tahapan pada sistem peradilan pidana, seperti keringan dalam penuntutan dan alasan memperingan penjatuhan sanksi oleh hakim. Secara Refresif: Aparat penegak hukum harus memperhatikan kepentingan terbaik bagi anak apabila dalam melaksanakan tugasnya menangani kejahatan yang dilakukan oleh perempuan yang mempunyai anak di bawah umur. Atau contoh yang lain adalah terhadap anak di bawah umur yang di bawah orang tuanya ke Lapas, harus mendapat perlakuan khusus, anggaran khusus dan sel khusus agar anak tetap terjaga dan terpelihara kondisi fisik dan psikisnya.

Item Type: Research (Research Report)
Keywords: perlindungan Hukum; tindak pidana
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180113 Family Law
18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law
Divisions: Faculty of Sharia and Law > Department al-Ahwal al-Syakhshiyyah
Depositing User: Erfaniah Zuhriah Hadi Sucipto
Date Deposited: 21 Nov 2023 10:14

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item