Pendampingan pemanfaatan model media pembelajaran berbasis Ubiquitos-Learning (U-Learning) bagi guru SMP Pondok Pesantren Bahrul Maghfiroh Malang

Sutiah, Sutiah, Afrah, Ashri Shabrina, Hasanah, Nurlaelatul and Alfarisi, Faishal (2022) Pendampingan pemanfaatan model media pembelajaran berbasis Ubiquitos-Learning (U-Learning) bagi guru SMP Pondok Pesantren Bahrul Maghfiroh Malang. Research Report. Lembaga Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, Malang. (Unpublished)

[img] Text
16939.pdf

Download (754kB)

Abstract

Kegiatan pengabdian pada masyarakat dalam Qaryah Thayyibah Tahun 2022 ini berupa pendampingan pemanfaatan model media pembelajaran berbasis ubiquitous learning (u-learning) bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan guru dalam penggunaan dan pemanfaatan media pembelajaran u-learning di era kecepatan transformasi digital yang dapat membelajarkan peserta didik lebih mandiri, efektif, dan etis dalam mengatasi learning loss dan menguatkan kecakapan hudup di abad 21. Kemampuan mengembangkan media pembelajaran berbasis u-learning diharapkan dapat mempercepat proses perubahan pembelajaran yang terintegrasi teknologi digital di sekolah dalam menyiapkan ekosistem u-learning menuju Smart Learning (S-learning). Sasaran dalam kegiatan PPM ini adalah guru-guru SMP dan SMA Pondok Pesantren Bahrul Maghfiroh Malang berjumlah 36 orang. Pendampingan dalam pengembangan media pembelajaran dilakukan dengan metode analisi kebutuhan, pembuatan program U- learning, pelatihan penguatan pemahaman dan keterampilan dengan startegi ceramah, demonstrasi dan latihan praktik langsung pemanfaatn media berbasis u-learning. Ketersediaan tenaga ahli yang memadai dalam pengembangan media pembelajaran dari UIN Merngabdi FITK dan dan Informatika, keterlibatan mahasiswa, partisipasi dari lembaga sasaran, antusiasme peserta, dukungan kepala sekolah terhadap pelaksanaan kegiatan ini dapat memperlanacar dan kercapaian target keberhasilan pelaksanaan kegiatan ini. Adapun kendala yang dihadapi adalah ketersediaan ekosistem U-leraning, keterbatasan penguasaan dan keterampilan guru dalam menggunakan teknologi digital, dan keterbatasan waktu pelatihan sehingga dilakukan pendampingan intensif melalaui U-learning. Hasil dan manfaat dari pendampingan ini adalah dapat memberdayakan dan meningkatkan kompetensi pembuatan dan pemanfaatn media berbais U- learning serta literasi digital guru secara berkelanjutan dalam menyiapkan generasi emas menuju Indonesia emas 2045.

Item Type: Research (Research Report)
Keywords: model pembelajaran; u-learning
Divisions: Faculty of Tarbiyah and Teaching Training > Department of Islamic Education
Depositing User: Zulaikha Mu'anis
Date Deposited: 21 Nov 2023 10:39

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item