Qushayyi Akbar Editia, Qholbi Mutiara dkk (2023) Strategi adaptasi mahasiswa baru angkatan 2022 terhadap budaya akademik di Program Studi Pendidikan Bahasa Arab UIN Malang (sertifikat hak cipta). 000513772.
|
Text
16940.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Adanya transisi masa dari siswa menuju mahasiswa merupakan hal yang baru dan perlu adanya suatu adaptasi yang dilakukan oleh mahasiswa baru terhadap lingkungannya. Kondisi ini menuntut mereka untu mampu menyesuaikan dengan lingkungan barunya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaiamana stategi adaptasi yang dilakukan oleh mahasiswa baru angktan 2022 lulusan SMA serta faktor apa yang menjadi pendukung dan pengahambat dalam proses adaptasi pembelajaran yang dilakukan dalam lingkung Pendidikan Bahasa Arab. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan model studi kasus kepada 11 mahasiswa sebagai informan sekaligus objek penelitian dengan lulusan SMA. Dari hasil penelitian ini dapat ditemukan 2 stategi adaptasi budaya akademik yang dilakukan yaitu 1) Adaptasi dengan kurikulum pembelajaran Bahasa arab; 2) Beradaptasi dengan lingkungan pembelajaran. Dan yang menjadi faktor pendukung dalam adaptasi yaitu 1) Lingkungan kebahasan yang kondusif; 2) Tenaga pengajar yang komunikatif. Sedangkan yang menjadi penghambat ialah 1) Kurangnya kepercayaan diri; 2) Kecemasan berlebihan; 3) Minimnya sosialisasi kurikulum ; 4) Minimnya kemampuan berbahasa.
Item Type: | Hak Cipta |
---|---|
Keywords: | adaptasi; budaya akademik |
Subjects: | 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2002 Cultural Studies > 200210 Pacific Cultural Studies 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2002 Cultural Studies > 200211 Postcolonial Studies |
Divisions: | Faculty of Tarbiyah and Teaching Training > Department of Arabic Language Education |
Depositing User: | M. Ibnu Ahmad |
Date Deposited: | 21 Nov 2023 10:46 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |