Model pengembangan kurikulum Atkinson di Madrasah Aliyah Negeri 3 Malang

Sahro, Khoirus and Sutiah, Sutiah (2023) Model pengembangan kurikulum Atkinson di Madrasah Aliyah Negeri 3 Malang. Ma'alim: Jurnal Pendidikan Islam, 4 (1). pp. 130-144. ISSN 27456285 (e.); 27456293 (p.)

[img] Text
16964.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (538kB)

Abstract

Artikel ini menjelaskan tentang penerapan model evaluasi kurikulum atkinson di MAN 3 Malang. Setiap visi dan misi sekolah pasti bertujuan untuk kebaikan siswa sebagaimana cita-cita dan tujuan pendidikan nasional yang tercantum dalam UUD NRI 1945 dan UU Nomor 23 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Pada dasarnya inti dari cita-cita dan tujuan nasional Indonesia sebagaimana dalam kedua peraturan tersebut ialah untuk membentuk insan yang intelektual, beriman kepada Tuhan, dan mempunyai perilaku yang baik. Namun berkembangnya kasus-kasus dewasa ini seperti penganiayaan, bullying, dan lain-lain yang dilakukan oleh para siswa menunjukkan bahwa visi dan misi sekolah tersebut dinyatakan tidak berhasil. Dengan demikian, maka sangat dibutuhkan evalusi kurikulum pendidikan untuk memperbaiki ke arah lebih baik. Adapun model evaluasi yang sangat tepat dalam hal ini ialah model evaluasi penddikan atkinson. Model evalusi ini memiliki objek penelitian yang fokus pada 3 domain, yakni problematika perencanaan sekolah, proses pembelajaran, dan perilaku atau karakter peserta didik.

Item Type: Journal Article
Keywords: pengembangan; Kurikulum; Visi; Misi; MAN 3 Malang
Divisions: Faculty of Tarbiyah and Teaching Training > Department of Islamic Education
Depositing User: Zulaikha Zulaikha
Date Deposited: 21 Nov 2023 13:00

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item