Perbandingan kebijakan reformasi pendidikan di Jepang, Korea dan Indonesia

Esha, Muhammad In'am ORCID: https://orcid.org/0000-0002-8269-248X (2023) Perbandingan kebijakan reformasi pendidikan di Jepang, Korea dan Indonesia. Research Report. Kebijakan Pendidikan, Kebijakan Reformasi Pendidikan, Reformasi Pendidikan., Malang. (Unpublished)

[img] Text
16970.PDF
Restricted to Repository staff only

Download (862kB) | Request a copy

Abstract

Kecenderungan adanya kebijakan reformasi pendidikan di beberapa negara menarik untuk dikaji. Seiring dengan adanya gelombang perubahan yang diakibatkan kemajuan ICT. Peneiitian ini mengkaji kebijakan refonnasi pendidikan yang terjadi di Jepang, Korea, dan Indonesia. Khususnya berkenaan dengan kecenderungan sentralisasi dan desentralisasi.

Kajian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi literatur atau kajian teks. Peneliti berpandangan bahwa teks adalah cenninan realitas (text is a mirror of reality). Sumberdata menggunakan literatur yang bersesuaian dengan pokok kajian. Analisis dilakukan secara sederhana dengan mencermati isi teks yang bersesuaian dengan pokok kajian.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat arus kuat yang terjadi dalam reformasi pendidikan di negara-negara yang telah kita diskusikan di atas. Jepang dan Korea yang dalam tradisi pendidikannya semula bersifat sentralistik, tengah mengalami upaya-upaya untuk mengombinasikannya dengan trend desentralisasi dan demokratisasi. Pelibatan dan partisipasi masyarakat menjadi pilihan dalam upaya mengatasi problem yang diidap dalam sistem pendidikannya. Indonesia sebagai salah satu bangsa di kawasan Timur (Eastern) terjadi reformasi kebijakan pendidikan dari yang bersifat sentralistis ke arah desentralisasi. Hal ini berarti tren sentralisasi yang merupakan akibat lanjutan dari demokratisasi menjadi modus utama dalam pembuatan kebijakan seiring dengan munculnya gelombang reformasi di Indonesia pasca Orde Baru.

Item Type: Research (Research Report)
Keywords: Kebijakan Pendidikan, Kebijakan Reformasi Pendidikan, Reformasi Pendidikan.
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems
Divisions: Faculty of Tarbiyah and Teaching Training > Department of Islamic Education Management
Depositing User: Mufid Mufid
Date Deposited: 21 Nov 2023 13:54

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item