Model regulasi emosi siswa: upaya pengembangan melalui parental regulation, mindful parenting dan konsep diri (sertifikat hak cipta)

Elok Halimatus Sa’diyah, Nailul Fauziyah, dkk (2023) Model regulasi emosi siswa: upaya pengembangan melalui parental regulation, mindful parenting dan konsep diri (sertifikat hak cipta). 000540898.

[img]
Preview
Text
16973.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Regulasi emosi siswa dapat diterapkan dalam keterampilan sosial yang positif dengan empati, toleransi, kasih sayang dan menghindari perilaku agresif berulang di sekolah yang galau di Indonesia yang dikenal dengan fenomena bullying. Peran orang tua dalam mengembangkan regulasi emosi ada pada 16 tahun pertama kehidupan, sehingga kualitas hubungan orang tua dan anak melalui pola asuh orang tua berdampak langsung pada pembentukan konsep diri dan dampaknya terhadap regulasi emosi. aku akan melihatnya dalam mempengaruhi pengaturan emosional siswa dengan konsep diri sebagai variabel mediator. Metode yang digunakan adalah cosssectional, dengan total 488 siswa (13-16 tahun) yang dipilih melalui clusterrandom sampling. ,2003) , dan kuesioner konsep diri (Robson, 1989). Analisis data deskriptif menggunakan SPSS versi 26 dan model persamaan struktural parsial-kuadrat (PLS-SEM). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pola asuh mindful mampu memberikan pengaruh langsung sebesar 52% terhadap regulasi emosi siswa dan 24% pengaruh langsung terhadap konsep diri. Namun konsep diri tidak terbukti mempunyai pengaruh langsung terhadap regulasi emosi siswa usia 1 tahun. 3-16.Itulah, siswa Konsep diri tidak terbukti menjadi variabel mediator bagi pola asuh dan pengaturan emosional siswa yang mandiri. Hal ini sesuai dengan teori sebelumnya, bahwa perkembangan regulasi emosi remaja 16 tahun pertama ditentukan dalam hubungan sosial yang paling kecil yaitu keluarga dan khususnya peran orang tua.

Item Type: Hak Cipta
Keywords: mindful parenting; regulasi emosi dan konsep diri
Subjects: 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170103 Educational Psychology
Divisions: Faculty of Tarbiyah and Teaching Training > Department of Social Science Education
Depositing User: M.A. Nailul Fauziyah
Date Deposited: 21 Nov 2023 19:57

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item