Peran kecerdasan dalam memoderasi literasi keuangan dan sikap keuangan terhadap perilaku keuangan pada generasi z di Kota Malang

Sulhan, Muhammad (2023) Peran kecerdasan dalam memoderasi literasi keuangan dan sikap keuangan terhadap perilaku keuangan pada generasi z di Kota Malang. Research Report. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang, UIN Malang.

[img] Text
17002.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (990kB)

Abstract

Fenomena yang terjadi dewasa ini menunujukkan bahwa mayoritas perilaku keuangan remaja (generasi Z) dalam membelanjakan uangnya, mereka sulit untuk mengendalikan diri agar tidak membeli barang. Hal tersebut menjadi indikasi bahwa generasi Z cenderung memiliki perilaku keuangan yang konsumtif. Tujuan penelitian ini adalah ingin menguji dan menganalis pengaruh literasi keuangan dan sikap keuangan terhadap perilaku manajemen keuangan yang di mediasi oleh kecerdasan pada generasi Z di Kota Malang.
Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan pendekatan asosiatif. Populasi pada penelitian ini terdiri dari seluruh generasi Z di Kota Malang dan teknik penentuan sampel dalam penelitian ini adalah teknik purposive sampling dengan pertimbangan tertentu dalam penarikan pada populasi untuk dijadikan sampel. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Patial Least Square (PLS) yang didasarkan pada pendekatan model persamaan Structural Equation Modeling (SEM) dengan bantuan software Smart PLS.
Hasil penelitian ini menunjukkan Literasi Keuangan memiliki pengaruh terhadap Perilaku Keuangan Generasi Z di Kota Malang secara positif dan signifikan, sikap keuangan memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap perilaku keuangan pada Generasi Z di Kota Malang, Kecerdasan mampu memediasi pengaruh Literasi Keuangan terhadap Perilaku Manajemen Keuangan Generasi Z di Kota Malang secara positif signifikan, dan Kecerdasan mampu memediasi pengaruh Sikap Keuangan terhadap Perilaku Manajemen Keuangan Generasi Z di Kota Malang secara positif signifikan.

Item Type: Research (Research Report)
Keywords: literasi keuangan; sikap keuangan; perilaku keuangan; kecerdasan
Subjects: 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140207 Financial Economics
Divisions: Faculty of Economics > Department of Management
Depositing User: Muhammad Sulhan
Date Deposited: 22 Nov 2023 01:06

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item