Khasani, Fahim ORCID: https://orcid.org/0000-0002-7934-2999 (2023) Syarah sistematis aforisme Al Hikam: studi kitab Misbah Al-Dzulam syarh Al-Nahj Al-Atamm fi tabwib Al-Hikam karya Syeikh Nawawi Al-Bantani. Research Report. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang, Malang. (Submitted)
Text
17101.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Riset ini menganalisis Sistematisasi Aforisme Al Hikam dalam Kitab Misbah Al Dzulam, Metodologi Syarah Syeikh Nawawi Al Bantani atas Al Hikam dan resepsi kitab tersebut dalam pengkajian Tasawuf. Dalam tujuan tersebut, riset ini menggunakan pendekatan analisis deskriptif dan analisis resepsi terhadap aforisme Al-hikam yang menjadi obyek riset. Sebagai temuan, riset ini menunjukkan bahwa terdapat dua pandangan terkait susunan atau tartib Al hikam, pertama, Meskipun terlihat acak, susunan asli Al Hikam memiliki tujuan tertentu. Ada rahasia spiritual di balik susunan tersebut. kedua, Tidak ada keterkaitan logis (irtibath mantiqi) antara aforisme pertama dan selanjutnya. Sehingga Upaya menyusunnya secara sistematis akan memudahkan pengkaji. Dua pandangan tersebut mendorong munculnya dua model dalam mengkaji Aforisme Al-Hikam; model Tahlili dan model tematik. Hasil analisis resepsi menunjukkan bahwa Kitab Misbah Al-Dzulam membawa nuansa baru dalam pengkajian Al-Hikam. Urutan sistematis dan klasifikasi babnya merubah stigma lama yang melekat pada Al-Hikam; acak, sulit, tidak memiliki awalan dan akhiran, menjadi lebih mudah dan lebih utuh terutama apabila hendak dikaji secara tematik. Oleh karenanya, kitab ini patut dipertimbangkan untuk dimasukkan dalam kurikulum pembelajaran santri level tinggi atau setingkat Ma’had Aly.
Item Type: | Research (Research Report) |
---|---|
Keywords: | Nawawi Al-Bantani; syarah sistematis; Al-Hikam; resepsi; Misbah Al-Dzulam |
Subjects: | 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies > 22040305 Akhlaq, Tasawuf, and related science |
Divisions: | Faculty of Tarbiyah and Teaching Training > Department of Islamic Education |
Depositing User: | Fahim Khasani |
Date Deposited: | 27 Nov 2023 10:53 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |