Kultur pendidikan tinggi pesantren: studi living hadis pada Ma’had Aly Hasyim Asy’ari Tebuireng (sertifikat hak cipta)

Fahim Khasani (2023) Kultur pendidikan tinggi pesantren: studi living hadis pada Ma’had Aly Hasyim Asy’ari Tebuireng (sertifikat hak cipta). 000438000.

[img] Text
17103.pdf

Download (2MB)

Abstract

Pesantren merupakan tempat tujuan para santri menempa diri dan mempelajari ilmu-ilmu Islam secara mendalam. tradisi yang dijalankan selama bertahun-tahun tidak lepas dari nilai akhlakul karimah yang bersumber dari hadis Nabi. Fenomena seperti ini menjadi domain dari kajian living hadis, yaitu sebuah upaya untuk memperoleh pengetahuan tentang budaya, pemikiran, perilaku dan tradisi masyarakat yang terinspirasi dari hadis Nabi. Ma’had Aly Hasyim Asy’ari menjadi ujung tombak Pesantren Tebuireng dalam mengembangkan kajian hadis. Ma’had Aly merupakan lembaga pendidikan tinggi khusus berbasis pesantren yang mengajarkan ilmu-ilmu keislaman. Tujuan awal pendiriannya adalah untuk mencetak kader yang mumpuni dalam ilmu agama, utamanya di bidang hadis. Untuk mencapai ke arah sana, Pengelola menerapkan budaya akademik yang terukur. Dengan menggunakan metode kualitatif, penelitian ini hendak mengupas tentang budaya akademik yang merupakan bentuk praktik living hadis, bagaimana penerapannya dan hasil yang sudah dicapai setelah mengimplementasikan budaya akademik tersebut.

Item Type: Hak Cipta
Keywords: kultur pendidikan; living hadis; Ma’had Aly; Tebuireng
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130109 Pesantren (Islamic boarding school)
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies > 22040302 Al-Hadits, and related science
Divisions: Faculty of Tarbiyah and Teaching Training > Department of Islamic Education
Depositing User: Fahim Khasani
Date Deposited: 27 Nov 2023 11:33

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item