Studi kelimpahan dan perbandingan cemaran mikroplastik pada perairan dan udang famili Atyidae di Waduk Selorejo Kabupaten Malang

Prahardika, Bayu Agung ORCID: https://orcid.org/0009-0005-3734-4733 and Rahmatullah, Muhammad Alaika (2021) Studi kelimpahan dan perbandingan cemaran mikroplastik pada perairan dan udang famili Atyidae di Waduk Selorejo Kabupaten Malang. Research Report. UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, Malang. (Unpublished)

[img] Text
17120.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Mikroplastik merupakan partikel plastik kecil dengan ukuran di bawah 5 mm. Mikroplastik telah banyak mengontaminasi ekosistem perairan ataupun daratan. Waduk Selorejo adalah salah satu tempat wisata yang berada di Kabupaten Malang Jawa Timur. Sekitar waduk terdapat pemukiman yang sebagian besar bermata pencaharian sebagai nelayan waduk. Terdapat timbunan sampah yang berada di pinggir dan badan air Waduk Selorejo akibat adanya aktivitas antropogenik. Waduk Selorejo mendapatkan pasokan air dari sungai kwayangan, konto, dan pijal. Hal tersebut menyebabkan adanya dugaan kontaminasi mikroplastik pada air dan biota khususnya udang famili atyidae yang banyak dikonsumsi oleh masyarakat sekitar. Mikroplastik mengandung bahan kimia berbahaya yaitu bisphenol-A dan pththalate yang mengganggu sistem endokrin. Mikroplastik berpotensi dapat membawa bahan kimia beracun lainnya di ekosistem. Penelitian ini mengambil sampel air dan udang famili atyidae di inlet sungai konto, inlet sungai kwayangan, pemukiman (blendrang), daerah pariwisata dan outlet waduk. Setiap stasiun terdapat 3 transek (sebagai ulangan) dan diambil sekitar 100 liter air serta 40 ekor udang dengan ukuran 2-5 cm. Destruksi air dan udang menggunakan larutan H2O2 30% dan asam H2SO4 30% untuk menghilangkan komponen-komponen organik yang masih melekat serta untuk mempermudah pengamatan dibawah mikroskop stereo dengan perbesaran 4x10 sampai dengan 7x10. Berdasarkan hasil analisis kelimpahan mikroplastik pada perairan masing masing stasiun, kelimpahan mikroplastik paling tinggi berturut turut ditemukan di bagian Inlet sungai Konto dengan nilai kelimpahan total sebesar 392 partikel/liter, kemudian di bagian pemukiman (blendrang) sejumlah 353 partikel/liter, daerah wisata 336 partikel/liter, outlet 301 partikel/liter dan Inlet sungai Kwayangan 298 partikel/liter. Sementara itu, kelimpahan total mikroplastik tertinggi yang ditemukan pada tubuh udang family Atyidae di Waduk Selorejo berturut-turut ditemukan di bagian Inlet sungai Konto dengan nilai kelimpahan total sebesar 43 partikel/ekor, kemudian di bagian pemukiman (blendrang) sejumlah 28 partikel/ekor, daerah wisata 26 partikel/ekor, Inlet sungai Kwayangan 25 partikel/ekor dan outlet 15 partikel/ekor. Hasil identifikasi selanjutnya di klasifikasikan berdasarkan beberapa tipe seperti, filamen (tipis, transparan dan dari partikel silinder), fiber (tipis lurus), fragmen (memiliki bentuk asimetris), granule (bentuk bulat), dan foam (partikel ringan berteksur spons). Masing masing tipe mikroplastik kemudian dihitung berdasarkan jumlah yang ditemukan. Hasil identifikasi kontaminasi mikroplastik pada perairan dan udang family Atyidae di Waduk Selorejo menemukan beberapa tipe mikroplastik yaitu, fiber, fragmen, filament dan granul. Tipe dan warna mikroplastik yang mendominasi adalah fiber hitam.

Item Type: Research (Research Report)
Keywords: mikroplastik; perairan; udang famili Atyidae; waduk Selorejo
Subjects: 05 ENVIRONMENTAL SCIENCES > 0502 Environmental Science and management > 050205 Environmental Management
05 ENVIRONMENTAL SCIENCES > 0502 Environmental Science and management > 050206 Environmental Monitoring
06 BIOLOGICAL SCIENCES > 0602 Ecology > 060204 Freshwater Ecology
05 ENVIRONMENTAL SCIENCES > 0501 Ecological Applications
05 ENVIRONMENTAL SCIENCES > 0502 Environmental Science and management
06 BIOLOGICAL SCIENCES > 0602 Ecology
Divisions: Faculty of Mathematics and Sciences > Department of Biology
Depositing User: Bayu Agung Prahardika
Date Deposited: 27 Nov 2023 09:33

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item