Pengembangan buku akuntansi perusahaan dagang dan manfukatur dengan pendekatan integrasi

Wahyuni, Nanik ORCID: https://orcid.org/0000-0002-1825-0097 (2023) Pengembangan buku akuntansi perusahaan dagang dan manfukatur dengan pendekatan integrasi. Research Report. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang, Malang. (In Press)

[img] Text
17125.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (526kB) | Request a copy

Abstract

Program Studi Akuntansi FE UIN Maulana Malik Ibrahim Malang terus melakukan pembenahan dalam proses pembelajaran baik dalam penggunaan metode ataupun pengayaan media pembelajaran. Salah satu bentuk pembenahan tersebut adalah pembuatan bahan ajar yang terbaru sesuai dengan tujuan pembelajaran di prodi. Bahan ajar yang dikembangkan dalam penelitian ini adalah bahan ajar mata kuliah Pengantar Akuntansi II yang memiliki sub capaian pembelajaran berbeda dengan sebagian besar Perguruan Tinggi lain di Indonesia. Mata kuliah Pengantar Akuntansi II di Prodi Akuntansi berisi dua materi utama yaitu akuntansi Perusahaan dagang dan akuntansi Perusahaan manufaktur. Perbedaan materi dalam mata kuliah ini dibandingkan Perguruan Tinggi yang lain disebabkan oleh masukan stakeholder tentang penguatan kemampuan mahasiswa dalam penyelesaian siklus akuntansi. Pada umumnya mahasiswa hanya memperoleh siklus akuntansi Perusahaan jasa, dengan tingkat pemahaman yang juga tidak cukup baik. Oleh karena itu, peneliti tertarik untuk membuat buku ajar dengan latihan soal dan pembahasan yang cukup komprehensif tentang siklus akuntansi perusahaan dagang dan manufaktur. Pengembangan ini penting untuk dilakukan karena minimnya bahan ajar serupa yang sudah disesuaikan dengan up date terbaru Standar Akuntansi Keuangan (SAK). Selain itu, pengembangan ini juga penting karena merupakan satu-satunya bahan ajar yang mengintegrasikan akuntansi syariah dalam satu bahan ajar.

Item Type: Research (Research Report)
Keywords: akuntansi perusahaan dagang; akuntansi perusahaan manufaktur
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1501 Accounting, Auditing and Accountability > 150103 Financial Accounting
Divisions: Faculty of Economics > Department of Accounting
Depositing User: Nanik Wahyuni
Date Deposited: 27 Nov 2023 08:59

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item