Uji toksisitas, uji aktivitas antioksidan, dan identifikasi isolat metabolit sekunder rimpang jeringau (Acorus calamus L.) hasil kromatografi kolom (sertifikat hak cipta)

Diana Candra Dewi, Suci Amalia, dan Deva Krisna Dewi (2023) Uji toksisitas, uji aktivitas antioksidan, dan identifikasi isolat metabolit sekunder rimpang jeringau (Acorus calamus L.) hasil kromatografi kolom (sertifikat hak cipta). 000549535.

[img]
Preview
Text
17129.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Kandungan flavonoid yang tinggi pada rimpang Jeringau dan manfaat farmakologi yang melimpah menjadi alasan penting untuk melakukan karakterisasi dan identifikasi senyawa flavonoid di dalamnya. Uji aktivitas farmakologi pada isolat flavonoid rimpang Jeringau perlu dilakukan, termasuk uji antioksidan dan toksisitas. Isolat flavonoid dari fraksi etil asetat rimpang Jeringau memperoleh nilai LC50 sebesar 11,07 ppm. Nilai LC50 dari isolat tersebut termasuk dalam golongan senyawa yang toksik dan berpotensi untuk dikembangkan dalam bidang farmakologi sebagai obat antikanker atau antitumor. Aktivitas antioksidan pada isolat flavonoid isolat flavonoid memiliki aktivitas antioksidan yang sangat kuat dengan nilai IC50 sebesar 28,891 ppm dan nilai AAI sebesar 3,461 ppm.

Item Type: Hak Cipta
Keywords: jeringau; flavonoid; uji toksisitas
Subjects: 03 CHEMICAL SCIENCES > 0305 Organic Chemistry > 030502 Natural Products Chemistry
Divisions: Faculty of Mathematics and Sciences > Department of Chemistry
Depositing User: Diana Dewi
Date Deposited: 27 Nov 2023 13:38

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item