Profiliasi wacana forensic penyidikan kasus dalam novel Satu Dua Pasang Gesper Sepatunya karya Agatha Christie

Yurisa, Penny Respati ORCID: https://orcid.org/0000-0003-2050-7987, Hakim, Arief Rahman ORCID: https://orcid.org/0000-0003-2669-965X and Latifah, Nur ORCID: https://orcid.org/0000-0001-6181-0160 (2023) Profiliasi wacana forensic penyidikan kasus dalam novel Satu Dua Pasang Gesper Sepatunya karya Agatha Christie. Research Report. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang, Malang. (Unpublished)

[img] Text
17135.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (662kB)

Abstract

Kasus pembunuhan dalam novel Satu Dua pasang Gesper Sepatunya meninggalkan bukti bahasa, seperti kesaksian saksi, Penelitian ini bertujuan untuk menemukan ideologi yang menjadi motif kejahatan melalui pendekatan analisis wacana kritis Norman Fairclough. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Sumber data primer penelitian ini adalah novel One, Two, Buckle My Shoe karya Agatha Christie sedangkan sumber data skunder menggunakan artikel analisis wacana kritis yang telah diterbitkan. Obyek penelitian ini adalah makna wacana teks kesaksian Alister Blunt terkait kasus pembunuhan dan teks sebagai bahasa dalam alat bukti hukum. Data dalam penelitian ini adalah dialog terkait kasus pembunuhan di Novel One, Two, Buckle My Shoe Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik baca dan catat. Analisis data menggunakan analisis wacana kritis yaitu struktur teks, produksi teks dan praktek sosial. Berdasarkan hasil dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa dalam struktur teks terdapat indikasi bahwa saksi berusaha merahasiakan sesuatu. Dari analisis produksi teks disimpulkan bahwa saksi menggunakan gaya bahasa santun dan formal untuk menyembunyikan ideologinya dan dari praktek sosial di dapatkan bahwa alister blunt melakukan tindakan pembunuhan atas nama negara, bukan untuk kepentingan dirinya.

Item Type: Research (Research Report)
Keywords: analisis wacana kritis; novel; teori norman Faircluogf
Subjects: 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2004 Linguistics > 200403 Discourse and Pragmatics > 20040399 Discourse and Pragmatics not elsewhere classified
Divisions: Faculty of Humanities > Department of Arabic Language and Letters
Depositing User: Penny Respati Yurisa
Date Deposited: 27 Nov 2023 13:31

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item