Dakwah pesantren melalui tradisi ziarah dan haul (pengamatan fenomenologis di Pasuruan Jawa Timur)

Badruddin, Badruddin (2023) Dakwah pesantren melalui tradisi ziarah dan haul (pengamatan fenomenologis di Pasuruan Jawa Timur). Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang. (Unpublished)

[img] Text
17154.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (232kB)

Abstract

Beberapa antropolog klasik seperti Clifford Geertz cenderung menciptakan pemisah antara tradisi yang berkembang dalam masyarakat Muslim dengan inti ajaran agama Islam. Geertz dalam penelitian antropologisnya di Jawa pada tahun 1950-an menyimpulkan bahwa beberapa ritual yang dilakukan oleh umat Muslim itu sebenarnya bukan ritual Islam, namun sinkretisme. Untuk menyangkal Geerz tersebut, artikel ini akan menyajikan landasan normatif atas berbagai ritual dunia Islam. Namun lebih dari itu, penelitian ini menemukan bahwa tradisi itu menjadi sarana yang paling efektif dalam menyebarkan dakwah Islam. Pendekatan fenomenologi yang digunakan dalam penelitian ini cukup membantu menjelaskan proses terbentuknya tradisi termasuk di dalamnya terdapat nilai-nilai agama, sampai bagaimana model pewarisannya dari generasi ke generasi. Fokus pengamatan penelitian ini adalah tradisi ziarah dan haul di daerah Pasuruan yang dikenal sebagai salah satu kota santri di Jawa Timur.

Item Type: Other
Keywords: tradisi; ziarah; haul; wali; pesantren
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies > 22040303 Aqidah, Islamic Theology, Ilmu Kalam, and related science
Divisions: Graduate Schools > Magister Programme > Graduate School of Al-Ahwal Al-Syakhshiyyah
Depositing User: Badruddin Badruddin
Date Deposited: 28 Nov 2023 09:31

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item