Tranposisi pujian-pujian Jawa dalam Islam: kajian intertektualitas Julia Kristeva

Munjiah, Ma'rifatul, Moh Zawawi, Zawawi and Arif Mustofa, Mustofa ORCID: https://orcid.org/0000-0003-3480-8051 (2023) Tranposisi pujian-pujian Jawa dalam Islam: kajian intertektualitas Julia Kristeva. Other. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang. (Unpublished)

[img] Text
17167.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (576kB)

Abstract

Wali songo sebagai salah satu penyebar agama islam di tanah jawa berusaha menghadirkan bidaya budaya local yang kemudian dielaborasi dalam bentuk pujian-pujian Bahasa jawa. Salah satu pujian-pujian tersebut diciptakan oleh sunan kalijaga dan sunan bonang yang kemudian dikenal dengan tembang tombo ati dan sederek dulur sedoyo. Pujian-pujian sebagai teks yang dihasilkan dari pengaruh historis penciptanya mempunyai hubungan dengan teks lainya. Oleh karena itu, penelitian ini menggunakan teori Intertektualitas JULia Kristeva sebagai pisau analisanya untuk membandingkan pujian-pujian tersebut dengan teks sebelumnya. Jenis penelitian adalah deskriptif kualitatif. Sumber data yang digunakan adalah puji-pujian jawa yaitu tembang tomba ati yang ditulis oleh sunan kalijaga dan sederek dulur sedoyo yang diciptakan oleh sunan bonang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah Teknik close reading, sedangkan Teknik Analisa data yang digunakan adalah reduksi, paparan data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya transposisi dalam pujian pujian jawa sebagai teks transformasi dengan teks sebelumnya yaitu teks hipograme.

Item Type: Research (Other)
Keywords: transposisi; intertektualitas; pujian Jawa; Julia Kristeva
Subjects: 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2003 Language Studies > 200399 Language Studies not elsewhere classified
Divisions: Faculty of Humanities > Department of Arabic Language and Letters
Depositing User: Mohammad mohammad Zawawi
Date Deposited: 29 Nov 2023 11:29

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item