Rethinking implementasi tugas akhir skripsi menjadi artikel ilmiah dalam upaya optimalisasi proses konversi (studi komparasi di UIN Maulana Malik Ibrahim Malang dan UIN Sunan Gunung Djati Bandung)

Dwi Fidhayanti, Mahbub Ainur Rofiq dkk (2023) Rethinking implementasi tugas akhir skripsi menjadi artikel ilmiah dalam upaya optimalisasi proses konversi (studi komparasi di UIN Maulana Malik Ibrahim Malang dan UIN Sunan Gunung Djati Bandung). 000548360.

[img]
Preview
Text
17180.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis lebih dalam dan membandingkan perihal kebijakan konversi tugas akhir skripsi dalam bentuk artikel ilmiah di UIN Maulana Malik Ibrahim Malang dan UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian hukum empiris dengan pendekatan perbandingan hukum. Data primer diperoleh dari wawancara, obervasi, dan dokumentasi. Data sekunder sebagai pelengkap data primer diperoleh dari jurnal, perundang-undangan, peraturan universitas dan peraturan fakultas yang berkaitan dengan tema penelitian kemudian dianalisis secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi konversi tugas akhir skripsi menjadi artikel ilmiah di Fakultas Syariah UIN Maulana Malik Ibrahim Malang terkendala oleh SOP yang tidak jelas dan adanya disinkronisasi kebijakan di Fakultas Syariah dengan pedoman pendidikan universitas terkait penetapan batas minimal penerbitan jurnal SINTA. Kemudian, di Fakultas Syariah UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, unit jurnal fakultas belum memiliki fokus pengembangan kepenulisan jurnal ilmiah pada mahasiswa dan hanya berfokus pada pengelolaan jurnal. Berbeda dengan fakultas Ushuluddin UIN Gunung Djati Bandung menyediakan program Kelas Menulis yang memberikan pelatihan kepada mahasiswa dalam menulis artikel ilmiah. Dalam implementasinya terdapat potensi kecurangan dan kejahatan akademik seperti pemanfaatan jasa perjokian serta belum adanya pencegahan dan sanksi yang jelas dari kedua PTKIN.

Item Type: Hak Cipta
Keywords: kebijakan konversi; artikel ilmiah ; implementasi
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130103 Higher Education
Divisions: Faculty of Sharia and Law > Department of Sharia Business Law
Depositing User: Mahbub Ainur Rofiq
Date Deposited: 29 Nov 2023 14:21

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item