Evaluasi model kearsipan internal pada records management perguruan tinggi dalam upaya optimalisasi pengelolaan arsip di perguruan tinggi (studi kasus pada Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang)

Roziki, Khafid ORCID: https://orcid.org/0000-0002-4715-888X, Sholahuddin, Moh., Nurdiana, Layli Shinta, Pambudi, Rizki Dea and Mahtristhasufi, Dynta Nabila (2023) Evaluasi model kearsipan internal pada records management perguruan tinggi dalam upaya optimalisasi pengelolaan arsip di perguruan tinggi (studi kasus pada Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang). Research Report. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang, Malang. (In Press)

[img] Text
17195.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Evaluasi kearsipan internal pada records management perguruan tinggi menjadi hal yang penting untuk dilakukan, mengingat peran arsip sangatlah vital terhadap berjalannya suatu organisasi. Evaluasi kearsipan tersebut bertujuan untuk menilai efektivitas dan efisiensi pengelolaan dokumen dan rekaman dalam suatu organisasi, termasuk perguruan tinggi. Penelitian ini merupakan studi kasus pada Bagian Umum Universitas Islam Negeri (UIN) Maulana Malik Ibrahim Malang, yang memiliki dokumen dan rekaman yang berhubungan dengan aktivitas akademik dan administratif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil pengelolaan arsip dinamis, yang meliputi aspek penciptaan, penggunaan, pemeliharaan arsip, serta penyusutan arsip. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, dengan menerapkan strategi analisis secara cermat dan mendalam pada proses atau aktifitas pengelolaan arsip di Bagian Umum berdasarkan instrumen audit kearsipan internal yang ditetapkan oleh Arsip Nasional Republik Indonesia. Data dikumpulkan pada Bulan Januari sampai Desember tahun 2023. Hasil penelitian menunjukkan informasi bahwa pengelolaan arsip dinamis pada unit pengolah di lingkungan Biro Umum pada aspek penciptaan arsip sudah baik. Namun, pada aspek penggunaan arsip, aspek pemeliharaan arsip dan aspek penyusutan arsip diperlukan perbaikan dan pembenahan secara berkelanjutan pada aspek organisasi kearsipan, jadwal retensi arsip dan sistem klasifikasi dan keamanan akses arsip sebagai bagian dari instrumen pengelolaan arsip.

Item Type: Research (Research Report)
Keywords: evaluasi; records management; perguruan tinggi
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1501 Accounting, Auditing and Accountability > 150106 Sustainability Accounting and Reporting
Divisions: Faculty of Humanities > Department of Arabic Language and Letters
Depositing User: Khafid Roziki
Date Deposited: 29 Nov 2023 10:05

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item