Prosedur alur penerimaan kas atas bea masuk barang impor pada KPPBC Malang

Zahroh, Fatmawati ORCID: https://orcid.org/0000-0001-5665-0000 (2023) Prosedur alur penerimaan kas atas bea masuk barang impor pada KPPBC Malang. Research Report. Malang. (Unpublished)

[img] Text
17207.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (557kB)

Abstract

Perdagangan internasional merupakan wujud dari keterikatan antar negara yang disebut ekspor impor. Aktivitas impor Indonesia menjadi peran yang penting karena merupakan salah satu penerimaan kas negara yang besar. Metode penelitan yang dilakukan adalah studi kasus yang dilakukan pada Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai (KPPBC) Malang dalam hal ini menganalisis prosedur alur penerimaan kas atas bea masuk barang impor. Adapun alur penerimaan kas yaitu: 1) pengguna jasa impor mengisi Data Pemberitahuan Impor Barang (PIB); 2) petugas pelayanan bea cukai menerima data dari pengguna jasa berupa PIB; 3) importir mengisi billing bea impor; 4) importir membayar tagihan bea masuk impor ke pos/bank; 5) importir mendapat dokumen BPN yang disahkan petugas bea cukai; 6) importir menerima Surat Persetujuan Pengeluaran Barang (SPPB)/Surat Pemberitahuan Jalur Merah (SPJM)/Surat Penetapan Jalur Kuning (SPJK). Beberapa fungsi dan dokumen yang diperlukan untuk penerimaan kas bea masuk, dalam fungsi tersebut sudah diterapkan pembagian fungsi yang jelas akan tetapi masih ada fungsi yang merangkap menjadi satu.

Item Type: Research (Research Report)
Keywords: penerimaan kas; bea impor
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1501 Accounting, Auditing and Accountability > 150107 Taxation Accounting
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1501 Accounting, Auditing and Accountability
Divisions: Faculty of Economics > Department of Accounting
Depositing User: Fatmawati - Zahroh
Date Deposited: 29 Nov 2023 14:44

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item