Uji fitokimia dan analisis kadar total fenol herbal oil daun kelor (Moringa Oleifera Lamk.) ekstrak minyak nabati (sertifikat hak cipta)

Rif'atul Mahmudah (2023) Uji fitokimia dan analisis kadar total fenol herbal oil daun kelor (Moringa Oleifera Lamk.) ekstrak minyak nabati (sertifikat hak cipta). 000553524.

[img]
Preview
Text
17215.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Ekstrak minyak nabati daun kelor (Moringa Oleifera Lamk.) merupakan minyak herbal yang berpotensi sebagai obat. Penelitian bertujuan untuk mengetahui kandungan metabolit sekunder melalui uji fotokimia dan kandungan total fenol ekstrak daun kelor pada minyak zaitun extra virgin dan minyak kelapa murni. Metode ekstraksi yang digunakan adalah maserasi panas dengan berbagai dosis daun kelor. Jumlah terbaik digunakan pada ekstraksi dengan variasi suhu dan waktu pemanasan. Hasil uji fitokimia menunjukkan bahwa ekstrak minyak nabati daun kelor mengandung metabolit sekunder berupa flavonoid, fenolik, terpenoid, alkaloid, steroid, dan tanin. Kandungan total fenol tertinggi pada ekstrak daun kelor pada minyak zaitun murni pada konsentrasi 40%, suhu ekstraksi 50°C dengan waktu pemanasan 2 jam dengan nilai kandungan total fenol sebesar 15,78% GAE (Gallic Acid Equivalent).

Item Type: Hak Cipta
Keywords: daun kelor; minyak zaitun; minyak kelapa; herbal oil
Subjects: 03 CHEMICAL SCIENCES > 0301 Analytical Chemistry > 030199 Analytical Chemistry not elsewhere classified
Divisions: Faculty of Mathematics and Sciences > Department of Chemistry
Depositing User: Rifatul Mahmudah
Date Deposited: 30 Nov 2023 10:25

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item