Implementasi praktis green chemistry dalam pengembangan pengajaran kimia berkelanjutan dan ramah lingkungan dalam kegiatan praktikum di Jurusan Kimia UIN Malang

Barroroh, Himmatul ORCID: https://orcid.org/0000-0003-2050-0195, Hanapi, Ahmad and Kartika, Siska Ela ORCID: https://orcid.org/0009-0003-9427-0393 (2023) Implementasi praktis green chemistry dalam pengembangan pengajaran kimia berkelanjutan dan ramah lingkungan dalam kegiatan praktikum di Jurusan Kimia UIN Malang. Research Report. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang, Malang. (Unpublished)

[img] Text
17220.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB) | Request a copy

Abstract

Kegiatan di laboratorium kimia memiliki potensi negatif apabila tidak dijalankan dengan benar. Potensi negatif ini bisa terjadi baik terhadap lingkungan maupun kesehatan. Intensitas praktikum yang tinggi dapat mengakibatkan tingginya produksi limbah laboratotium kimia UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. Green chemistry adalah pendekatan praktik kimia yang menekankan pada penggunaan zat kimia yang ramah lingkungan, pengurangan limbah, dan pengurangan risiko kesehatan. Penerapan green chemistry bertujuan untuk mengurangi dampak negatif kegiatan kimia terhadap lingkungan dan kesehatan. Mahasiswa diajarkan untuk memahami pentingnya memilih zat kimia yang ramah lingkungan dan menggunakan teknologi yang efisien. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dan merevisi kegiatan praktikum kimia serta merancang dan mengembangkan praktikum yang berorientasi pada green chemistry. Berdasarkan hasil Forum Group Discussions dengan dosen pengampu mata kuliah praktikum kimia organik, kimia fisika, dan kimia analitik, diketahi bahwa sebagian besar praktikum belum menerapkan prinsip green chemistry. Prinsip green chemistry yang diterapkan pada penelitian ini meliputi pencegahan limbah, penggunaan pelarut yang aman (green sintesis), penggunaan zat kimia yang aman untuk pencegahan kecelakaan (senyawa kimia yang tidak mudah terbakar), dan desain efisiensi energi (digunakan metode sintesis yang lebih hemat energi). Penelitian ini dapat memberikan dampak positif bagi mahasiswa, dosen, dan lingkungan. Mahasiswa lebih memahami prinsip green chemistry dalam praktikum. Dosen lebih termotivasi untuk menerapan prinsip green chemistry dalam mata kuliah dan praktikum kimia. Hal ini terbukti dari kuisioner yang diisi oleh mahasiswa dan dosen. Selain itu, limbah hasil praktikum yang menerapkan prinsip green chemistry lebih aman terhadap lingkungan karena adanya reduksi kuantitas maupun toksisitas zat kimia yang digunakan.

Item Type: Research (Research Report)
Keywords: green chemistry; praktikum; kimia organik; kimia fisik; kimia analitik
Subjects: 03 CHEMICAL SCIENCES > 0305 Organic Chemistry > 030504 Organic Green Chemistry
Divisions: Faculty of Mathematics and Sciences > Department of Chemistry
Depositing User: Siska Ela Kartika
Date Deposited: 30 Nov 2023 09:05

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item