Eko Budi Minarno dan Lil Hanifah (2023) Integrasi sains-Islam dan implementasinya dalam pembelajaran biologi. 000554354.
|
Text
17254.pdf Download (286kB) | Preview |
|
|
Text
17254-1.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Integrasi Sains-Islam pada hakekatnya bertujuan untuk mengembalikan kejayaan Islam sebagaimana terjadi pada masa-masa ilmuwan Islam hidup di masa lampau. Integrasi Sains-Islam juga merupakan manifestasi penghilangan dikotomi antara agama dengan sains. Pemilahan atau dikotomi antara ilmu agama dengan sains yang disebut ilmu umum, sebenarnya merupakan upaya untuk mengimplementasikan kehidupan yang sekular serta wawasan yang parsial dan bukan holistik. Di dalam pembelajaran Biologi, integrasi Sains-Islam dapat dilakukan dengan dua macam model yakni Model Integrasi Al-Qur’an sebagai Sumber Inspirasi dan yang kedua Model Integrasi Al-Qur’an sebagai Sumber Konfirmasi. Kedua model dapat dijalankan secara simultan dalam proses pembelajaran Biologi. Model yang pertama meletakkan AlQur’an pada awal pembelajaran sebagai payung pengetahuan atau sumber inspirasi ilmu pengetahuan atau sumber rujukan utama yang selanjutnya dijelaskan oleh berbagai fenomena dalam sains. Sedangkan model yang kedua adalah melakukan analisis kritis/pembahasan fenomena dalam sains, yang kemudian dikonfirmasikan dengan Al;-Qur’an, dalam arti temuan dalam sains adalah memperjelas apa yang telah dikermukakan Al-Qur’an.
Item Type: | Hak Cipta |
---|---|
Keywords: | integrasi; sains-Islam; pembelajaran biologi |
Subjects: | 06 BIOLOGICAL SCIENCES > 0699 Other Biological Sciences > 069999 Biological Sciences not elsewhere classified |
Divisions: | Faculty of Mathematics and Sciences > Department of Biology |
Depositing User: | Eko Budi Minarno |
Date Deposited: | 01 Dec 2023 10:13 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |