Peningkatan aktivitas antioksidan bekatul melalui fermentasi serta pembuatan produk enkapsulat ekstrak bekatul (sertifikat hak cipta)

Akyunul Jannah dan Himmatul Barroroh (2022) Peningkatan aktivitas antioksidan bekatul melalui fermentasi serta pembuatan produk enkapsulat ekstrak bekatul (sertifikat hak cipta). 000447744.

[img]
Preview
Text
17261.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Komponen bioaktif dalam bekatul berperan sebagai senyawa antioksidan yang mampu mencegah stres oksidatif dan menghambat proses peroksidasi lemak. Pada penelitian ini dilakukan fermentasi bekatul menggunakan mikroorganisme yaitu Jamur Rhyzopus oryzae dan khamir Saccharomyces cerevisiae dengan memvariasi kondisi lama dan suhu fermentasi Hasil penelitian menunjukkan dapat disimpulkan bahwa tidak ada pengaruh yang nyata pada kombinasi variasi yang digunakan, yakni lama fermentasi dan konsentrasi substrat terhadap peningkatan aktivitas antioksidan. Akan tetapi adanya variasi lama fermentasi yang digunakan berpengaruh terhadap nilai aktivitas antioksidan bekatul yang difermentasi oleh jamur Rizhopus oryzae. Nilai peningkatan aktivitas antioksidan bekatul tertinggi diperoleh pada perlakuan lama fermentasi 5 hari dengan konsentrasi substrat (1:1) sebesar 13,37 %, sedangkan nilai aktivitas antioksidan terendah diperoleh pada perlakuan lama fermentasi 3 hari dengan konsentrasi substrat (1:3) sebesar 0,08 %.

Item Type: Hak Cipta
Keywords: bekatul; ekstrak; enkapsulat; antioksidan
Subjects: 03 CHEMICAL SCIENCES > 0304 Medicinal and Biomolecular Chemistry > 030401 Biologically Active Molecules
Divisions: Faculty of Mathematics and Sciences > Department of Chemistry
Depositing User: Himmatul Barroroh
Date Deposited: 30 Nov 2023 15:58

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item