Implementasi Integrated Online System (IOS) dalam meningkatkan kapabilitas pembelajaran berbasis manajemen teknologi (studi pada Fakultas Ekonomi UIN Maulana Malik Ibrahim Malang) (sertifikat hak cipta)

Eka Wahyu Hestya Budianto, Setiani, Nora Ria Retnasih (2023) Implementasi Integrated Online System (IOS) dalam meningkatkan kapabilitas pembelajaran berbasis manajemen teknologi (studi pada Fakultas Ekonomi UIN Maulana Malik Ibrahim Malang) (sertifikat hak cipta). 000555078.

[img] Text
06. Sertifikat HaKI.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penggunaan Integrared Online System (IOS) dalam bidang pendidikan sangat disarankan seiring dengan perkembangan zaman. Fakultas Ekonomi Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang telah menerapkan IOS guna meningkatkan kapabilitas pembelajaran berbasis manajemen teknologi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Motivasi penerapan IOS dalam meningkatkan kapabilitas pembelajaran berbasis manajemen teknologi di Fakultas Ekonomi; (2) Tata cara penerapannya; (3) Implikasi penerapannya; dan (4) Kendala penerapannya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif berjenis studi kasus. Lokasi penelitian adalah Fakultas Ekonomi UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. Sumber data berasal dari data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data meliputi: pengamatan atau observasi, wawancara dengan mencari informasi dan keterangan, serta dokumentasi sebagai bukti adanya penelitian. Sedangkan teknik analisis data meliputi: reduksi data, penyajian data, verifikasi, dan kesimpulan. Kemudian, teknik pengecekan keabsahan data meliputi: peningkatan ketekunan dan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama, terdapat beberapa motivasi dalam penerapan IOS dalam meningkatkan kapabilitas pembelajaran berbasis manajemen teknologi di Fakultas Ekonomi, antara lain: peningkatan riset, inovasi, kualitas pembelajaran, sumber daya, dan aksesibilitas. Kedua, terdapat beberapa tata cara penerapannya, antara lain: integrasi kurikulum, identifikasi kebutuhan, dan pemilihan flatform. Ketiga, terdapat beberapa implikasi dalam penerapannya, antara lain: peningkatan aksesibilitas, monitoring, evaluasi, integrasi teknologi terbaru, pengelibatan mahasiswa, dan fleksibilitas waktu. Keempat, terdapat beberapa kendala dalam penerapannya, antara lain: keterbatasan infrastruktur, ketersediaan dukungan teknis, dan akses internet.

Item Type: Hak Cipta
Keywords: Integrated Online System (IOS); kapabilitas pembelajaran; manajemen teknologi
Subjects: 10 TECHNOLOGY > 1099 Other Technology > 109999 Technology not elsewhere classified
10 TECHNOLOGY > 1099 Other Technology
Divisions: Faculty of Economics > Department of Management
Depositing User: Nora Ria Retnasih
Date Deposited: 01 Dec 2023 13:42

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item