Analisis geografi budaya: Investigasi gender dan keketatan budaya seni pertunjukkan Reog Ponorogo (sertifikat hak cipta)

Ulfi Andrian Sari, Hayyun Lathifaty Yasri, dan Ratna Nulinnaja (2023) Analisis geografi budaya: Investigasi gender dan keketatan budaya seni pertunjukkan Reog Ponorogo (sertifikat hak cipta). 000551700.

[img]
Preview
Text
17298.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Kesenian Reog ponorogo bagian dari kebudayaan Indonesia masih tabu dalam perspektif gender dan sangat menonjol terhadap keketan budaya. Semua pemain reog ponorogo yang identik dengan pemain laki-laki, akan tetapi mulai tahun 2015 terjadi pergeseran gender dan terjadi kelonggaran kebudayaan. Fenomena tersebut ditunjukkan dengan permainan kesenian reog ponorogo yang diperankan oleh para perempuan. Fenomena tersebut masih dianggap ganjil dan bertentangan dengan tradisi reog pakem. Sedangkan reog yang dimainkan oleh para perempuan hanya bisa dilakukan dengan reyog obyog dan reog festival). Selain itu pandangan masyarakat yang kurang baik terhadap pameran seni wanita yang dianggap kurang sesuai dengan kodratnya

Item Type: Hak Cipta
Keywords: Geogari Budaya; gender; Reog Ponorogo
Subjects: 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2002 Cultural Studies > 200205 Culture, Gender, Sexuality
20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2002 Cultural Studies
Divisions: Faculty of Tarbiyah and Teaching Training > Department of Social Science Education
Depositing User: Ulfi Andrian Sari
Date Deposited: 04 Dec 2023 10:40

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item