Kajian hadis dan bacaan wirid Ratib al-Haddad untuk menciptakan masyarakat religius di Kelurahan Merjosari Lowokwaru Kota Malang

Faisol, Faisol (2023) Kajian hadis dan bacaan wirid Ratib al-Haddad untuk menciptakan masyarakat religius di Kelurahan Merjosari Lowokwaru Kota Malang. Research Report. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang, Malang. (Unpublished)

[img] Text
17309.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Rendahnya kesadaran beragama, perilaku budaya pendatang lebih dominan, serta kurangnya peran tokoh masyarakat menyebabkan rendahnya religiusitas masyarakat Merjosari. Penelitian ini merupakan jenis penenlitian kualitiatif menggunakan pendekatan Participatory Action Research (PAR) yaitu antara subjek penelitian dan peneliti sebagai pemantik. Peneliti menggali data malalui pengamatan mendalam dan wawancara. Data dianalisis secara deskriptif untuk ditarik simpulan. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui pemahaman kitab kuning, penghayatan keagamaan, serta peningkatan kualitas sikap religius masyarakat Merjosari terhadap Kitab Bulughul Maram dan Wirid Ratib al-Haddad. Hasil dari penelitian ini menunjukkan meningkatnya religiusitas masyarakat Merjosari dapat dilihat dari intensitas dan kuantitas pelaksanaan ibadah shalat lima waktu dan shalat sunnah lainnya di dalam masjid. Religiusitas masyarakat dapat dilihat dari lingkungan yang bersih dari pergaulan bebas antara lawan jenis, keseriusan masyarakat mengikuti kajian kitab dan bacaan wirid, juga permintaan kuat untuk terus dilaksanakan kajian kitab dan bacaan wirid setiap hari.

Item Type: Research (Research Report)
Keywords: religiusitas; kajian kitab; wirid
Subjects: 16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1607 Social Work > 160703 Social Program Evaluation
Divisions: Faculty of Economics > Department of Management
Depositing User: Faisol Faisol
Date Deposited: 04 Dec 2023 15:13

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item