Rekonstruksi identitas, kekuasaan dan agensi perempuan dalam novel berlatar pesantren

Chotimah, Dien Nur and Susilowati, Meinarni (2023) Rekonstruksi identitas, kekuasaan dan agensi perempuan dalam novel berlatar pesantren. Research Report. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang, Malang. (Unpublished)

[img] Text
17356.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (382kB) | Request a copy

Abstract

Perempuan di dunia pesantren seringkali mendapatkan stereotipe yang tidak menyenangkan. Beragam upaya terus dilakukan untuk mengubah persepsi dunia tentang Perempuan pesantren termasuk melalui karya sastra. Novel merupakan salah satu karya sastra yang dapat digunakan untuk mewakili pengalaman faktual Perempuan dengan cara yang lebih berterima. Maka, penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan data empiris tentang bentuk rekonstruksi identitas, kekuasaan dan agensi Perempuan dalam novel berlatar pesantren, menganalisis latar belakang dan dampak adanya rekonstruksi tersebut. Penelitian ini menggunakan landasan filosofis konstruktivisme dengan pendekatan sosiolinguistik kritis dan analisis wacana kritis. Sumber data penelitian ini adalah novel Hati Suhita, Dua Barista, dan Diary Ungu Rumaysha. Proses pengumpulan data dilakukan dengan teknik baca-catat, dan wawancara mendalam dengan penulis dan pembaca novel. Hasilnya, didapatkan bentuk tiga rekonstruksi pada aspek identitas, kekuasaan dan agensi Perempuan dalam novel berlatar pesantren. Sebab yang melatarbelakanginya adalah idealisme penulis dalam membentuk konstruk baru tentang Perempuan pesantren. Dampaknya, para pembaca memiliki persepsi yang baru tentang Perempuan pesantren sebagaimana yang diharapkan oleh penulis novel.

Item Type: Research (Research Report)
Keywords: agensi; identitas; kekuasaan; perempuan; pesantren
Subjects: 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2004 Linguistics > 200405 Language in Culture and Society (Sociolinguistics)
20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2004 Linguistics > 200405 Language in Culture and Society (Sociolinguistics) > 20040599 Language in Culture and Society (Sociolinguistics) not elsewhere classified
20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2005 Literary Studies > 200516 Indonesian Literature
20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2005 Literary Studies > 200599 Literary Studies not elsewhere classified
Divisions: Faculty of Humanities > Department of Arabic Language and Letters
Depositing User: Dien Nur Chotimah
Date Deposited: 07 Dec 2023 13:42

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item