Fitoremediasi dan elisitasi logam berat timbal (Pb) pada tumbuhan Hydrilla verticillata SEBAGAI solusi pengolahan dan pemanfaatan limbah laboratorium kimia

Fasya, A. Ghanaim ORCID: https://orcid.org/0000-0002-2273-4035, Ma'unatin, Anik ORCID: https://orcid.org/0000-0002-3054-4661 and Megawati, Dewi Sinta (2023) Fitoremediasi dan elisitasi logam berat timbal (Pb) pada tumbuhan Hydrilla verticillata SEBAGAI solusi pengolahan dan pemanfaatan limbah laboratorium kimia. Research Report. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang, Malang. (Unpublished)

[img] Text
17366.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Limbah logam berat dari laboratorium kimia, termasuk timbal (Pb), dapat menimbulkan dampak negatif bagi lingkungan dan kesehatan manusia. Salah satu solusi untuk mengatasi masalah ini adalah dengan menggunakan fitoremediasi, yaitu metode yang memanfaatkan tumbuhan untuk mereduksi atau menghilangkan logam berat dari lingkungan. Hydrilla verticillata adalah salah satu jenis tumbuhan air yang dikenal mampu menyerap logam berat dan memiliki potensi dalam fitoremediasi. Penelitian ini bertujuan untuk menguji kemampuan tumbuhan Hydrilla verticillata dalam meremediasi limbah logam Pb laboratorium kimia serta mempelajari pengaruh elisitasi logam Pb terhadap aktivitas antioksidan, aktivitas antibakteri, dan kandungan metabolit sekunder pada tumbuhan tersebut.
Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen laboratorium menggunakan desain acak lengkap (RAL) dengan 5 perlakuan yaitu: (1) kontrol, (2) perlakuan Pb 20 ppm, (3) perlakuan Pb 25 ppm, (4) perlakuan Pb 30 ppm serta (5) perlakuan Pb 35 ppm. Selanjutnya dilakukan pengaplikasian fitoremediasi menggunakan tanaman Hydrilla verticillata untuk mengurangi limbah logam berat yang ada di Laboratorium Kimia, terutama logam Pb. Penelitian dilakukan dengan mengamati parameter fitoremediasi meliputi kemampuan Hydrilla verticillata dalam mengurangi konsentrasi logam Pb dan kemampuan mengakumulasi logam Pb. Selain itu, dilakukan kajian mengenai pengaruh pemaparan (elisitasi) logam Pb terhadap senyawa aktif yang terkandung dalan Hydrilla verticillata. Parameter elisitasi yang diamati meliputi aktivitas antioksidan dan antibakteri serta kandungan metabolit sekunder.
Hasil penelitian diharapkan dapat memberikan informasi tentang kemampuan fitoremediasi tumbuhan Hydrilla verticillata terhadap logam berat Pb pada limbah laboratorium kimia serta pengaruh elisitasi logam Pb terhadap aktivitas antioksidan, aktivitas antibakteri, dan kandungan metabolit sekunder pada tumbuhan tersebut. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi dalam pengolahan dan pemanfaatan limbah laboratorium kimia secara lebih efektif dan ramah lingkungan.
Hasil penelitian menunjukkan ekstrak etanol dari Hydrilla verticillata hasil UAE selama 40 menit memiliki beberapa sifat yang potensial untuk aplikasi lingkungan:
1. Fitoremediasi Logam Pb:
Hydrilla verticillata efektif dalam mengurangi konsentrasi logam Pb, terutama pada konsentrasi 35 ppm dengan persentase teredam mencapai 99.44% dan nilai BCF sebesar 55.897.
2. Aktivitas Antioksidan:
Ekstrak etanol dari Hydrilla verticillata hasil UAE selama 40 menit menunjukkan aktivitas antioksidan paling tinggi dengan nilai EC50 sebesar 1.140 ppm dan AAI sebesar 0.0691.
3. Aktivitas Antibakteri:
Ekstrak etanol tersebut memiliki aktivitas antibakteri yang lebih berpengaruh pada bakteri S. aureus (gram positif) dibandingkan dengan E. coli (gram negatif), sesuai dengan hasil uji aktivitas antibakteri.
Keseluruhan, penelitian ini menunjukkan potensi Hydrilla verticillata dan ekstrak etanol hasil UAE selama 40 menit untuk digunakan dalam fitoremediasi logam berat, memiliki sifat antioksidan yang baik, dan menunjukkan aktivitas antibakteri, terutama terhadap bakteri gram positif seperti S. aureus

Item Type: Research (Research Report)
Keywords: fitoremediasi; elisitasi; limbah; timbal (Pb); Hydrilla verticillata
Subjects: 03 CHEMICAL SCIENCES > 0305 Organic Chemistry > 030502 Natural Products Chemistry
Divisions: Faculty of Mathematics and Sciences > Department of Chemistry
Depositing User: A. Ghanaim Fasya
Date Deposited: 08 Dec 2023 13:53

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item