Survei tentang praktek dan constraint dalam penjadwalan perkuliahan universitas di Perguruan Tinggi Keagamaan Islam

Fatchurrochman, Fatchurrochman, Abidin, Zainal ORCID: https://orcid.org/0000-0002-9261-4952, Mahfud, Fakhris Khusnu Reza and Hariyanto, Wahyu (2023) Survei tentang praktek dan constraint dalam penjadwalan perkuliahan universitas di Perguruan Tinggi Keagamaan Islam. Research Report. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang, Malang. (Unpublished)

[img] Text
17370.PDF
Restricted to Repository staff only

Download (13MB)

Abstract

Penjadwalan matakuliah pada suatu perguruan tinggi merupakan kegiatan rutin setiap semester. Penjadwalan memiliki kompleksita tinggi karena penjadwalan harus memperhatikan preverensi matakuliah, pengajar, murid, ruang, dan lingkuangan. Oleh karena itu penjadwalan mempunyai ciri khas tergantung pada domain keberadaanya. Keragaman ciri khas ini yang menyebabkan software penjadwalan dapat mencukupi kebutuhan suatu perguruan tinggi secara umum. untuk itu, Penelitian ini melakukan survey ke perguruan tinggi untuk mencari titik temu aturan-aturan penjadwalan yang dapat diterapkan pada semua perguruan tinggi khsususnya perguruan tinggi islam. Hasil survey menunjukkan bahwa perguruan tinggi baru menerapkan 45% konstrain dari standard internasional. Hasil wawancara menunjukkan penjadwalan secara otomatis hanya digunakan pada beberapa program studi. Pembuatan jadwal secara otomastis belum digunakan pada tinggi Perguruan Tinggi Islam untuk menjadwal keseluruhan program studi.

Item Type: Research (Research Report)
Keywords: constraint; penjadwalan; perkuliahan
Subjects: 08 INFORMATION AND COMPUTING SCIENCES > 0806 Information Systems > 080605 Decision Support and Group Support Systems
13 EDUCATION > 1301 Education Systems
Divisions: Faculty of Technology > Department of Informatics Engineering
Depositing User: ZAINAL ZA ABIDIN
Date Deposited: 11 Dec 2023 09:45

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item